Home » , , » JENIS-JENIS SAMPEL DALAM PENELITIAN SISWA ATAU MAHASISWA

JENIS-JENIS SAMPEL DALAM PENELITIAN SISWA ATAU MAHASISWA

Visiuniversal--Para mahasiswa maupun siswa yang ingin melakukan penelitian, berikut ini merupakan rangkaian dari metode penelitian yang telah kita bahas terdahulu, kali ini akan kita bahas tentang jenis-jenis Sampel dan bagaimana teknik penarikan sampel itu. Teknik penarikan sampel pada dasarnya sangat menentukan hasil suatu penelitian. Jika teknik yang digunakan tidak tepat maka penelitian tersebut dapat dipertanyakan dan mungkin kebermaknaannya akan hilang. Untuk menghindari hal ini maka pengetahuan tentang jenis sampel sangat diperlukan karena masing-masing jenis sampel mempunyai prosedur yag berbeda. Secara umum sampel dapat digolongkan menjadi dua jenis yakni sampel probabilitas dan sampel nonprobabilitas, yang dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Sampel Probabilitas
Sampel probabilitas adalah himpunan unit atau elemen observasi yang dipilih sedemikian rupa sehingga unit atau elemen dalam populasi tersebut mempunyai peluang yang sama (yang diketahui atau terpilih. Adapun jenis-jenis sampel probabilitas adalah :
a. Sampel acak sederhana
b. Sampel acak berlapis
c. Sampel acak klaster
d. Sampel acak dua tahap

2. Sampel Non Probabilitas
Arti Sampel Non Probabilitas adalah bahwa anggota populasi tidak diberi kesempatan atau peluang yang sama untuk dijadikan atau dipilih menjadi anggota sampel. Peneliti memilih sampel hanya dengan menggunakan pertimbangan tertentu. Beberapa sampel yang termasuk kategori sampel nonprobabilitas adalah:
a. Sampel sistematis
b. Sampel purposif
c. Sampel Kuota

Terlepas dari aspek lain yang mempunyai kontribusi terhadap mutu suatu penelitian, kerepresentatifan sampel yang digunakan merupakan faktor kritikal. Secara ekstrim dapat dikatakan bahwa suatu penelitian tidak akan punya arti apabila sampel yang digunakan tidak representatif. (Baca tentang "Sampel yang Representatif" di sini  !!).

Demikian ringkasan tentang Jenis-jenis sampel dalam metode penelitian, semoga bermanfaat, terimakasih, selamat meneliti. 

0 komentar:

Posting Komentar