Home » , » UKURAN KERTAS RESMI SESUAI STANDAR INTERNASIONAL

UKURAN KERTAS RESMI SESUAI STANDAR INTERNASIONAL

Selamat sore--warga belajar dan siswa sekalian, selamat berjumpa lagi dalam kegiatan pembelajaran dari berbagai ilmu pengetahuan di blog sederhana ini. Dalam postingan visiuniversal kali ini, kita akan mengulas tentang bagaimana ukurang kertas resmi yang sesuai dengan standar internasional. Kenapa harus bapak ulang pengetahuan ini? karena kamaren masih ada yang salah dalam menentukan ukuran kertas yang dipakai untuk mengerjakan tugas yang bapak berikan. Ukuran kertas yang seharusnya adalah A4 tetapi masih ada yang mengumpulkan makalahnya menggunakan F4 yang terlihat lebih panjang dari A4. Untuk memahaminya dapat dilihat dalam gambar, uraian dan penjelasan tentang bagaimana ukurang kertas resmi yang sesuai dengan standar internasional berikut ini :

Secara umum ukuran kertas Internasional terbagi menjadi 3 Seri, yaitu Seri A, Seri B, dan Seri C, secara lengkapnya dapat dilihat dalam uraian berikut ;

SERI A

Seri A biasa digunakan untuk ketikan dan cetakan  umumnya, termasuk perlengkapan kantor dan penerbit. Dasar ukuran adalah A0 sebesar 841 x 1189 mm, yang luasnya secara satu meter persegi. Setiap angka setelah huruf A menyatakan setengah ukuran dari angka sebelumnya. Jadi A1 adalah setengah dari A0, A2 adalah seperempat dari A0 dan A3 adalah seperdelapan dari A0. Perhitungan yang lebih besar dari A0 adalah A2 atau dua kali.
Ukurang Kertas Internasional Seri A

SERI B

Untuk Seri B jika diperhatikan besarnya kira-kira di tengah antara 2 ukuran seri A. Seri ini digunakan sebagai pilihan lain terhadap seri A, dan biasanya digunakan untuk poster, lukisan dinding, paper Wall, atau kegunaan lain yang sifatnya dalam ukuran besar.

Ukurang Kertas Internasional Seri B


SERI C

Seri C bisa digunakan untuk map, kartu pos dan amplop. Ukuran C6 amplop seri C ini cocok digunakan untuk memasukan kertas seri A, baik dilipat maupun tidak. Sebuah amplop C0 dapat memuat kertas yang sesuai dengan ukuran dan kegunaannya yang sejenis.
Ukurang Kertas Internasional Seri C
Demikian lah tentang ukurang kertas resmi yang sesuai dengan standar internasional, semoga bermanfaat untuk siswa dan Warga belajar sekalian. Terimakasih. Wassalam....


1 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel