Home » , , , » CARA MEMOTIVASI DAN TEKNIK-TEKNIK MOTIVASI

CARA MEMOTIVASI DAN TEKNIK-TEKNIK MOTIVASI

Visiuniversal--Warga belajar dan Siswa Sekalian, kemaren kita sudah membahas tentang sebuah teori motivasi dari Maslow, dimana Maslow berpendapat bahwa motivasi terkait dengan tingkatan dari kebutuhan manusia. Selain teori Maslow sebenarnya telah banyak dikemukakan oleh para ahli tentang pengertian Motivasi. Ada yang bersifat umum dan ada pula yang bersifat khusus (Baca juga pengertian dan Jenis-jenis motivasi !!).

Banyak sekali teknik yang dapat digunakan dalam kegiatan motivasi. Teknik-teknik tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Suatu teknik sangat baik diterapkan pada kondisi tertentu, tetapi kurang efektif  pada kondisi yang lain. Oleh karena itu yang terpenting adalah bagaimana menentukan suatu teknik yang cocok pada kondisi yang ada, sehingga motivasi dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Di bawah ini dijelaskan teknik-teknik yang dapat diterapkan oleh motivator  dalam memotivasi kelompok sasaran agar mau menjadi warga belajar.

Teknik-teknik tersebut adalah :

A. Teknik Ajakan (Persuasi) yaitu :
Suatu teknik motivasi yang dilakukan dengan cara menjelaskan atau mengajak kelompok sasaran agar memahami dan mau menjadi warga belajar untuk belajar sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya.

Pada teknik ini motivator menunjukan manfaat dari suatu kegiatan atau program belajar dan menunjukan akan bahayanya bila tidak mengikuti kegiatan belajar tersebut.

Dengan harapan kelompok sasaran menyadari akan manfaat suatu kegiatan belajar dan termotivasi dirinya untuk melakukan kegiatan belajar yang dianjurkan tersebut.

B. Teknik Rangsangan (Stimulasi) yaitu :
Suatu teknik motivasi yang dilakukan dengan cara menjelaskan atau merangsang kelompok sasaran dengan imbalan tertentu sehingga memahami dan mau menjadi warga belajar untuk belajar sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya.

Pada teknik ini Motivator merangsang kelompok sasaran agar mau menjadi warga belajar untuk mengikuti program belajar yang akan dilaksanakan dengan cara menyediakan hadiah, memberikan berbagai bentuk penghargaan, dengan cara perlombaan atau pemberian harapan.

C. Teknik sangsi atau Paksaan Sosial yaitu :

Suatu teknik motivasi yang dilakukan dengan cara menjelaskan dan menekankan akibat (sangsi) yang akan dialami oleh kelompok sasaran, sehingga mereka mengerti dan mau menjadi warga belajar untuk belajar sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya. Pada teknik ini motivator memberikan ancaman ringan kepada kelompok sasaran yang tidak mau menjadi warga belajar tanpa alasan tertentu.

D. Teknik Riak Air yaitu :

Suatu teknik motivasi yang dilakukan dengan cara menjelaskan atau menyampaikan pesan dengan menggunakan sasaran antara. Pada teknik ini motivator menyampaikan pesan yang isinya mengenai kegiatan belajar dengan menggunakan sasaran antara, kemudian sasaran antara tersebut tersebut akan menyebarluaskan kepada kelompok sasaran.

E. Teknik Tempat Strategis yaitu :
Suatu teknik motivasi yang dilakukan dengan cara memilih tempat-tempat tertentu yang dianggap strategis seperti pasar, warung, surau, tempat-tempat hiburan dan lain-lain. Pada teknik ini motivator dalam menyampaikan motivasi selalu melihat situasi dimana motivasi itu dapat dilakukan.

F. Teknik Anjangsana (Kunjungan ke rumah/kunjungan keluarga) yaitu :

Suatu teknik motivasi yang dilakukan dengan cara mengunjungi atau mendatangi rumah kelompok sasaran.

Pada teknik ini motivator mendatangi rumah kelompok sasaran dan di sana ia menjelaskan, mendiskusikan dan melakukan tanya jawab mengenai bahan atau materi motivasi dengan tujuan yang telah dirumuskan.

G. Kunjungan ketempat kerja yaitu :

Suatu teknik motivasi yang dilakukan dengan cara mendatangi tempat kerja kelompok sasaran

Pada teknik ini motivator menjelaskan, mendiskusikan dan melakukan tanya jawab dengan kelompok sasaran.

H. Teknik Undangan yaitu :

Suatu teknik motivasi yang dilakukan dengan cara mengundang kelompok sasaran ke suatu tempat.

Dalam memilih tempat untuk pelaksanaan motivasi hendaknya dipilih tempat yang mudah dijangkau oleh para kelompok sasaran seperti Balai Desa, Gedung Sekolah, Lapangan, Mesjid dan lain-lain sebagainya.

I. Teknik penggunaan Media Tertulis dan Media Non Tertulis yaitu :
Suatu teknik motivasi yang dilakukan dengan cara menggunakan media tertulis dan media non tertulis kepada kelompok sasaran.

Pada teknik ini motivator tidak mendatangi warga belajar secara langsung, tetapi ia menggunakan media baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis kepada warga belajar. Media tertulis yang sering digunakan dalam teknik ini adalah :
  • Bulletin
  • Poster
  • Leaflet
  • Folder
  • dan lain sebagainya

Sedangkan media non tertulis yang sering dipakai adalah :
  • Film
  • kaset
  • Siaran Radio
  • Slide
  • dan sebagainya.

Dari teknik-teknik yang telah dijelaskan di atas, dapat dipilih mana lebih cocok dengan situasi dan kondisi yang ada.

Sumber: Disarikan dari Buku Teknik-teknik Motivasi Proyek Pembinaan Tenaga pendidik Dirjen PLS Debdikbud Jakarta 2009

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel