Home » , , , » MENGENAL JENIS-JENIS MUSIK DALAM KESENIAN

MENGENAL JENIS-JENIS MUSIK DALAM KESENIAN

Musik Tradisional
Visiuniversal--Warga Belajar-dan siswa sekalian, dalam mata pelajaran dan pembahasan Materi Kesenian kita kali ini, kita akan menggali kembali beberapa jenis musik yang kita kenal secara umum. Jenis-jenis musik ini telah menjadi bahasan Pokok dalam memahami jenis musik di Indonesia Pada Khususnya di dunia Pada umumnya. 

Setelah mempelajari jenis-jenis musik ini, kalian diharapkan dapat; mempresentasikan tanggapan tentang keragaman seni nusantara dan negara lain dengan memperhatikan konteks kehidupan dan budaya masyarakat kita. Juga diharapkan warga belajar dan siswa dapat mendeskripsikan sejarah dan perkembangan musik tersebut.

Secara umum jenis musik terbagi menjadi 5 jenis musik yang akan kita bahas di sini. yaitu ; 
  1. Musik Klasik, 
  2. Musik Tradisional/Daerah
  3. Musik Modern
  4. Musik Kontemporer
  5. Komposer dan Arranger
 1. MUSIK KLASIK 

Kebanyakan dari kita jika mendengar tentang musik klasik beranggapan bahwa itu adalah salah satu jenis atau aliran musik, padahal musik klasik itu sebenarnya hanya merupakan salah satu periode perkembangan musik yang dianggap dapat mewakili seluruh periode tersebut pada zaman yang sudah ditentukan. Gambarannya musik pada jaman ini tidak menggunakan beat (drum-set) secara konstan. Sedangkan komposisi instrumennya beragam. Agar tidak terlalu jauh, akan kita mulai dari zaman yang sudah memiliki ciri-ciri yang jelas......


Baca tentang musik klasik Selengkapnya di bawah ini !!

Konser Musik Klasik

  1. Pembahasan tentang Musik Klasik, baca di sini !!
  2. Pembahasan tentang Musik Tradisional/Daerah baca di sini !!
  3. Pembahasan tentang Musik Modern baca di sini !!
  4. Pembahasan tentang Musik  Musik Kontemporer baca di sini !!
  5. Pembahasan tentang Musik Komposer dan Arranger baca di sini !!

Visiuniversal, pembahasan tentang jenis-jenis musik untuk materi pembelajaran kesenian Kejar Paket C Setara SMA dan SMA (Sekolah Menengah Tingkat Atas) kelas X dan XI.

 

0 comments:

Post a Comment