PENGERTIAN ATAU APA ITU INOVASI ?

Belajar Berinovasi
Visiuniversal--Para GTK PAUD dan Dikmas, Guru Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. yang akan mengikuti kegiatan Lomba Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi Tahun 2016. Dalam beberapa jenis lomba di tekankan pada kegiatan yang sifatnya inovasi, termasuk inovasi media dan inovasi pembelajaran dalam PAUD dan Dikmas.

Apa itu Inovasi ?

Kenyataannya masih banyak para Guru, Pendidik dan tenaga kependidikan yang masih ragu-ragu dan belum memahami seutuhnya tentang inovasi yang dimaksud. 

Menurut pengertiannya Inovasi adalah sebuah proses pembaruan dalam unsur kebudayaan masyarakat, yakni teknologi. Inovasi berarti penemuan baru dalam teknologi manusia. Dalam pengertian yang lain, inovasi juga dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk memperkenalkan hal-hal baru atau temuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau sudah dikenal sebelumnya. Orang yang melakukan inovasi disebut inovator. Sesuatu hal yang inovatif haruslah bermanfaat bagi sang inovator atau orang lain. 

secara umum, inovasi dibedakan atas inovasi yang terjadi karena sengaja (invention) dan inovasi yang terjadi tanpa disengaja (discovery). Invention adalah proses munculnya suatu hal baru dari kombinasi hal-hal lama yang telah ada. Sedangkan, discovery adalah penemuan hal baru, baik berupa alat ataupun gagasan. Discovery dapat menjadi invention jika masyarakat sudah mengakui, menerima, dan memanfaatkan hasil inovasi tersebut.

Inovasi Motor Gas Tabung 3 Kg ???
Dari pengertian di atas sudah jelas bahwa inovasi itu sifatnya pembaruan dan merupakan penemuan hal-hal baru yang bermanfaat baik bagi inovator atau pun orang lain yang dapat memanfaatkan hasil inovasi tersebut. Tetapi kesalahan pemahaman yang selama ini terjadi khususnya pada GTK PAUD dan Dikmas, adalah menganggap inovasi hanyalah sesuatu yang benar-benar baru yang sebelumnya tidak ada ditemukan orang lain, hingga kita menjadi kesulitan untuk menentukan dan membuat inovasi tersebut. Sebenarnya inovasi bisa mudah jika merupakan hasil dari:

1. Subtitution (Mengganti)

2. Combination (Menggabung/ mengkombinasi)

3. Adaftation (Mengadaptasi atau penyesuaian)

4. Modification (modifikasi)


Sebuah hasil karya tulis atau karya nyata dapat juga dikatakan merupakan inovasi jika sebagai hasil dari proses ke empat hal di atas; Subtitution, Combination,  Adaftation, Modification .

Demikian pengertian ringkas dari pengertian tentang Inovasi, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih,

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel