Home » , , , » CARA DAN RINGKASAN MEMPROMOSIKAN INKLUSI SOSIAL DI MASYARAKAT

CARA DAN RINGKASAN MEMPROMOSIKAN INKLUSI SOSIAL DI MASYARAKAT

Visiuniversal-- Mengacu pada Piagam Perjuangan Prof. Suharso tentang  inklusi sosial ini maka kita akan melihat upaya-upaya dari inklusi sosial ini berupa :
  1. Perjuangan, pengakuan dan perlindungan hak difabel.
  2. Pemerintahan yang berjalan sesuai konstitusi
  3. Membangun persepsi tentang keberadaan difabel sebagai aset negara, bukan beban negara.

Apakah Inklusi Sosial itu ?

Inklusi sosial adalah Upaya penghapusan hambatan-hambatan institusional, memperluas dukungan peningkatan akses individu dan kelompok yang terpinggirkan (termasuk kelompok disabilitas) terhadap peluang-peluang pembangunan, bersifat cair dan bukan definisi yang bersifat final.

Inklusi sosial menjamin kesempatan setiap individu berpartisipasi dalam sistem ekonomi, masyarakat dan negara, serta bisa menikmati keuntungan dari penyediaan barang dan layanan yang diproduksi masyarakat arusutama.


Bagaimana Inklusi dalam kebijakan ?
  • Fokus pada upaya menjamin semua warga negara memiliki kapabilitas, kesempatan, dan tanggung jawab dan sumber daya untuk belajar, bekerja dan berhubungan dengan warga yang lain dan memiliki kebebasan untuk berpendapat.
  • Belajar dan berpartisipasi dalam pendidikan dan pelatihan.
  • Bekerja dan berpartisipasi dalam kerja-kerja berbayar atau kerja-kerja sukarela.
  • Pelibatan sosial dan berhubungan dengan orang lain, akses terhadap layanan publik dan partisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan, kebudayaan, dan rekreatif.
  • Memiliki suara dan dalam pengambilan keputusan yang memengaruhi mereka.

Inklusi dalam Program

Memberikan dukungan dan bantuan agar orang dengan disabilitas dalam belajar, bekerja, terlibat dalam kegiatan sosial, dan menyuarakan kepentingan dan kebutuhan mereka, dan terlibat dalam proses pengambilan keputusan.

Inklusi dalam Layanan

Memberikan layanan yang ramah terhadap orang dengan disabilitas dan ketersediaan, keterjangkauan, kualitas dengan standard tertinggi, aksesibilitas, partisipasi, mekanisme pengaduan dan penangan keluhan.


Agenda Mempromosikan Inklusi Sosial
  1. Mengurangi kerentanan memastikan orang dengan disabilitas bisa terpenuhi kebutuhannya dan akses terhadap layanan pendidikan, kesehatan dan layanan publik yang lain.
  2. Meningkatkan partisipasi sosial, budaya, dan ekonomi  membantu orang dengan disabilitas dalam mendapatkan keterampilan dan dukungan agar mereka bisa mendapatkan kesempatan kerja dan berhubungan dengan komunitas
  3. Meningkatkan kesempatan bersuara lebih besar, bersamangan dengan peningkatan tanggung jawab yang lebih besar pemerintah dan organisasi sosial lainnya memberikan kesempatan kepada orang dengan disabilitas untuk menyuarakan kebutuhan dan kepentingannya dan bertanggung jawab untuk memanfaatkan sebaik mungkin kesempatan yang tersedia.
Prinsip-prinsip Pendekatan dalam mempromosikan inklusi sosial
  1. Penguatan individu dan masyarakat
  2. Pengembangan patrnership dengan pemangku kepentingan kunci
  3. Pengembangan layanan yang terintegrasi dari berbagai penyedia layanan publik
  4. Memberikan prioritas utama pada pencegahan dan penangan sejak dini
  5. Menggunakan bukti (evidence) dan data yang terintegrasi dalam membuat kebijakan
  6. Menggunakan perspektif lokalitas
  7. Perencanaan keberlanjutan

Demikianlah sahabat visiuniversal sekalian tentang ringkasan Inklusi sosial dan upaya dalam mempromosikannya di masyarakat, agar masyarakat dapat memahami dan menerima inklusi sosial ini secara baik dan benar. semoga artikel ini bermanfaat. terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel