Home » , , , » IPTEK YANG BERKEMBANG DI MASYARAKAT

IPTEK YANG BERKEMBANG DI MASYARAKAT

Visiuniversal---IPTEK yang Berkembang di Masyarakat

IPTEK yang berkembang di masyarakat sangat banyak ragamnya, sesuai dengan perkembangan zaman. Berikut ini akan disampaikan contoh macam IPTEK yang berkembang pada masyarakat tradisional, yaitu:

1. Kesehatan

Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia yang paling mendasar pada masyarakat. pengetahuan kesehatan pada masyarakat tradisional terbatas pada sarana dan prasarana kesehatan yang disediakan oleh alam sekitarnya. Pengetahuan mereka tentang jenis-jenis penyakit dan sebatas pada gejala-gejala yang dapat dilihat atau dapat dirasakan. Seperti sakit kepala, sakit gigi, sakit perut, sakit panas, dan sebagainya.


2. Astronomi

Astronomi adalah ilmu yang berkaitan dengan perhitungan waktu dan gejala-gejala alam semesta, khususnya kedudukan matahari. Pada masyarakat tradisional, perhitungan waktu dan gejala-gejala alam semesta telah diwariskan oleh nenek moyang mereka melalui naskah-naskah tentang astronomi. Di Bali misalnya, para petani tradisional mengikuti petunjuk astronomi yang tertulis dalam daun lontar. Naskah yang berjudul sundari dan wariga mengungkapkan hal-hal yang berkaitan dengan pertanian.


3. Teknologi

Teknologi pada masyarakat tradisional sifatnya masih sederhana. Alat-alat yang digunakan sebatas yang disediakan oleh alam. Bidang cakupannya pun terbatas. Koentjaraningrat membagi teknologi ini ke dalam delapan bidang, yaitu;
a. Alat-alat produktif
b. Senjata
c. Wadah
d. Alat-alat menyalakan api
e. Makanan, minuman, bahan pembangkit gairah, dan jamu.
f. Pakaian dan perhiasan
g. Tempat berlindung dan perumahan
h. Alat-alat transportasi.


4. Perhubungan

Dalam hal perhubungan, masyarakat tradisional mengetahui sistem navigasi yang sangat diperlukan dalam sistem pelayaran.


0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel