INILAH 10 ALASAN SWEDIA DISEBUT NEGARA PENDIDIKAN YANG RAMAH ANAK DAN KELUARGA

Visiuniversal----Swedia adalah sebuah negara Nordik di Skandinavia, Eropa Utara. Negara ini berbatasan dengan Norwegia di barat dan Finlandia di timur laut, Selat Skagerrak dan Selat Kattegat di barat daya, serta Laut Baltik dan Teluk Bothnia di timur. Swedia juga negara terluas ketiga di Uni Eropa, dengan total penduduk sekitar 9,8 juta jiwa. Pendidikan di swedia memiliki kualitas yg sangat bagus dikarenakan  kondisi Negara swedia yg sangat maju dan  tingkat ekonomi dan keamanan yg tinggi yg menjadikan swedia memiliki tingkat pendidikan yg berkualitas. Seperti halnya di Indonesia Pendidikan wajib dimulai pada usia tujuh. Itu adalah wajib untuk sekolah dasar (untuk 16 tahun), Dalam prakteknya, sebagian besar orang-orang muda melanjutkan studi di sekolah menengah atas sampai 19 tahun. Secara umum Sistem pendidikan wajib di Swedia hampir sama seperti di Indonesia yaitu hingga jenjang SMA/SMK sederajat / wajib sekolah 15 tahun. Tetapi perbedaannya dengan di Indonesia, Swedia merupakan negara di Eropa yang terkenal sebagai negara yang ramah anak dan ramah keluarga karena berbagai kebijakannya terutama dalam hal pendidikan yang mendukung dan memudahkan kehidupan keluarga.

Pendidikan di Swedia-Gambar : sweden.se


Tahun 2017 ini, negara asal lahirnya ‘Nobel’ ini dinobatkan sebagai satu dari lima negara dengan penduduk paling bahagia di dunia bersama Denmark, Norwegia, Swiss, dan Belanda berdasarkan laporan Columbia University's Earth Institute. Ukuran kebahagiaan itu atas dasar kemakmuran, pendapatan, jaminan kesehatan, bebas korupsi, dan bebas membuat pilihan hidup.

Dilansir dari situs Sweden.se. ada 10 alasan mengapa Swedia disebut negara pendidikan yang ramah anak dan keluarga:


Fasilitas perawatan untuk ibu hamil

Sebelum melahirkan, para ibu hamil di Swedia akan mendapatkan kursus gratis untuk mempersiapkan mereka saat bersalin, mempelajari teknik pernapasan, dan sesi pelatihan lain. Khusus bagi ibu dengan kerja berat dan berisiko, mereka berhak mendapatkan benefit tambahan (graviditetspenning) seperti cuti yang lebih awal dari pekerjaan dan menerima tunjangan kehamilan sebanyak 80 persen dari gaji oleh Swedish Social Insurance Agency. Selain itu, banyak rumah sakit di Swedia yang menyediakan fasilitas seperti 'hotel' bagi ibu dan pasangan untuk menginap selama 2 atau 3 hari setelah melahirkan, agar perawat dapat terus memonitor ibu dan kesehatan bayi.



Cuti melahirkan yang panjang

Swedia adalah salah satu negara yang terkenal dengan cuti melahirkan yang panjang. Orang tua (ayah dan ibu) berhak mendapatkan cuti berbayar selama 480 hari  dan berlaku hingga anak berusia 8 tahun. Selain itu, orangtua juga memiliki hak hukum untuk mengurangi jumlah jam kerja normal mereka hingga 25 persen sampai anak mencapai usia 8 tahun.



Tunjangan bulanan untuk setiap anak

Selain cuti 480 hari yang dibayar, pemerintah Swedia juga memberikan tunjangan bulanan kepada setiap anak sampai usia 16 tahun. Tunjangan tersebut senilah 1.050 SEK atau sekitar Rp 1,6 juta perbulan. Orang tua dapat menggunakan tunjangan ini sebagai dana merawat anak-anaknya. Nah, bagi orang tua yang memiliki 6 anak, tidak hanya mendapatkan 6.300 SEK tiap bulan, tetapi akan ditambahkan sebesar 4.114 SEK.



Tugas ayah dan ibu hampir setara

Jika Anda berjalan-jalan di Swedia, Maka Anda akan melihat banyak ayah yang mendorong stroller (kereta bayi) dan menyuapi anak-anaknya di taman-taman dan kafe. Pemerintah Swedia memang berusaha menyetarakan tugas ayah dan ibu dalam merawat anak-anaknya.

Tugas Ayah di Negara Swedia-Gambar : sweden.se


Biaya sekolah gratis

Di Swedia, biaya sekolah anak berusia 6-19 tahun (TK-SMA) gratis beserta makan siangnya. Namun, bagi anak pra-sekolah wajib membayar paling mahal 1.278 SEK setiap bulan. Swedia menawarkan pendidikan gratis dari usia 6 hingga 19 Tahun. Dengan kesetaraan dihargai di negara itu, masalah seperti pertumbuhan sekolah swasta dan nilai di sekolah dasar diperdebatkan.

Pendidikan Usia Dini di Swedia - Gambar : sweden.se

Biaya kesehatan hampir gratis

Di Swedia biaya kesehatan termasuk perawatan gigi anak gratis sampai usia 20 tahun dan bayi diwajibkan mendapatkan vitamin D yang harus diperhatikan orang tuanya dan tenaga kesehatan dan vitamin ini diberikan secara gratis pada setiap anak.



Bus gratis untuk orang tua yang membawa kereta bayi

Di beberapa kota besar di Swedia, termasuk Stockholm, ditetapkan aturan agar orang tua yang membawa kereta dorong bayi agar gratis ketika naik bus.



Banyak buku bacaan untuk anak

Bagaimana Swedia membuat anak-anak agar cinta membaca? Setiap tahun, ribuan buku anak-anak diterbitkan. Selain itu, pihak perpustakaan menjaga dengan baik koleksi-koleksi buku bacaan klasik anak-anak agar bisa dibaca setiap generasi.



Banyak tempat umum ramah bayi

Membawa bayi berjalan-jalan di Swedia akan sangat menyenangkan karena banyak fasilitas yang mendukung. Misalnya, jalan di taman dibuat agar dapat dilalui kereta dorong, pusat perbelanjaan dipastikan memiliki nursery room (Ruang menyusui) dan changing room (Ruang ganti pakaian), restoran WAJIB menyediakan high chair (kursi makan anak) dan banyak parkiran khusus untuk kereta dorong bayi.



Aturan tentang orang tua menemani anak sakit

Orang tua yang ingin menjemput anak lebih awal dari pre-school atau menemani anak yang sedang sakit, berhak mendapatkan izin dari perusahaan. Sementara bagi orang tua yang cuti lama demi menemani anak yang sakit atau cacat tetap akan dibayar 80 persen dari gaji. Selain itu, anak yang sakit dan cacat lebih dari 6 bulan akan mendapatkan tunjangan tambahan hingga mereka berusia 19 tahun.


Demikian swedia, dan mengapa negara ini disebut-sebut sebagai salah satu negara pendidikan yang ramah anak dan keluarga. Semoga artikel ini bermanfaat.




February 28, 2017

0 comments:

Post a Comment