Cara Input Kehadiran Guru Dan Tenaga Kependidikan Secara Online

Visiuniversal----Selama kurang lebih satu bulan dalam masa uji coba SIM Kehadiran Guru kini Kemendikbud  telah bisa diakses sepenuhnya diakses melalui alamat http://223.27.144.195:2017/. Tampilan nama beranda pada masa uji coba adalah SIM Kehadiran Guru, Namun setelah masa uji coba aplikasi absen online ini telah berakhir berubah nama beranda menjadi Data Hadir Guru Dan Tenaga Kependidikan.

Cara Input Kehadiran Guru Dan Tenaga Kependidikan Secara Online

Alamat server web Data Hadir Guru Dan Tenaga Kependidikan ini adalah http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id. Namun pada saat-saat pengunjung yang sangat padat alamat tersebut agak sulit dibuka. Adapun alamat alternatif membuka untuk mengaksesnya yaitu http://223.27.144.195:2017/ 

Cara Input Data Kehadiran Guru Dan Tenaga Kependidikan 

Untuk menginput data kehadiran guru dan tenaga kependidikan dalam aplikasi Data Hadir Guru Dan Tenaga Kependidikan harus terkoneksi dengan internet . Dalam mengakses dan mengisi data kehadiran GTK tidak perlu menggunakan Leptop atau PC yang terinstal dengan dapodik karena PC manapun dan dimanapun bisa diakses hanya saja dengan menggunakan email dan paspor yang digunakan oleh dapodik.

Menurut informasi dari admin kemdikbud siapapun bisa mengkases data kehadiran guru asalkan atas perintah kepala sekolah. Untuk mengisi absen online guru pastikan sudah sincron dapodik versi 2018, Jika belum melakukan sincron maka belum dapat mengisi absen gtk karena data base terbaru belum masuk di server.

1.  Login Ke alamat http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/ atau http://223.27.144.195:2017/ dengan menggunakan user dan pasport dapodik

2. Sebelum Menginput data kehadiran Guru dan tenaga kependidikan terlebih dahulu memperhatikan kalender defult dalam aplikasi Data Hadir Guru Dan Tenaga Kependidikan Jika belum mengedit kalender maka akan tampil pemberitahuan " anda belum memiliki kalender sekolah" sehingga untuk perlu untuk mengedit kelender dalam sim hadir guru dan tenaga kependidikan
Cara Input Kehadiran Guru Dan Tenaga Kependidikan Secara Online

Klik Ok maka akan tampil edit. Untuk menggunakan kalender, klik tombol tambah jika ingin menambahkan hari libur yang ada sekolah misalnya hari libur yang secara regional hari libur pemilihan bupati dan lain-lain, Apabila tidak ingin menggunakan kalender defult maka klik tombol hapus, Kalender pendidikan defult dari kemendikbud yang tampil dalam sim http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/ adalah hari raya libur nasional dan hari raya keagamaan.

3. Apabila menggunakan kalender pendidikan yang defult maka klik tombol sow templete - Klik Ok untuk semua hari raya nasional dan keagamaan. Kemudian klik lagi ok pada tombol paling bawah.

4. Pilih Buat daftar hadir - Pilih bulan  - klik refres. Pilih salah satu guru yang ingin diinputkan daftar hadirnya.


Cara Input Kehadiran Guru Dan Tenaga Kependidikan Secara Online

Data kehadiran guru secara otomatis telah tercenatng apabila guru tersebut tidak hadir di sekolah maka hilangkan centangnya.

Catatan : Apabila tombol beckround berwarna hitam adalah berketerangan  apla dan bolos.

Untuk Mengisi Ijin  dan perjalanan dinas Misalnya Sakit, Cuti karena bersalin atau menjelang bersalin, cuti karena alasan penting, ijin perjalanan dinas/tugas luar maka pilih tombol paling bawah surat izin/dinas luar/sakit.


5. Isi nama pemberi ijin, NIP, jabatan, tanggal mulai ijin, tanggal selesai ijin, kemudian simpan.

Akan tampil persentase hari libur

Selesai..

Demikian cara Input Kehadiran Guru Dan Tenaga Kependidikan Secara Online, Selamat mencoba. thanks



Maret 28, 2017

0 komentar:

Posting Komentar