PELATIHAN KELAS MAYA (DIGITAL CLASS) BERBASIS E-LEARNING EDMODO BATCH 7

Visiuniversal---Pelatihan adalah suatu proses yang meliputi serangkaian tindak (upaya) yang dilaksanakan dengan sengaja dalam bentuk pemberian bantuan kepada tenaga kerja yang dilakukan oleh tenaga profesional kepelatihan dalam satuan waktu yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerja peserta dalam bidang pekerjaan tertentu guna meningkatkan efektivitas dan produktivistas dalam suatu organiasi.

Kegiatan pelatihan tersebut selain dilakukan di ruang-ruang kelas atau aula, dapat juga dilakukan dalam bentuk kelas maya (Digital Class). Salah satu kegiatan pelatihan Kelas Maya ini adalah Kelas Maya (Digital Class) Edmodo Batch 7. Pelatihan Kelas Maya (Digital Class) Edmodo Batch 7 adalah Pelatihan Dalam Jaringan (E-Learning) yang diseleranggarakan oleh SEAMOLEC. 


Marilah kita mengenal apa sich Edmodo itu ? 

Edmodo adalah platform microblogging pribadi yang dikembangkan untuk guru dan siswa, dengan mengutamakan privasi siswa. Guru dan siswa dapat berbagi catatan, tautan, dan dokumen. Guru juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan peringatan, acara, dan tugas untuk siswa dan dapat memutuskan untuk mengirimkan sesuatu dalam kerangka waktu yang dapat dilihat publik.  Edmodo adalah sebuah platform pembelajaran sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa maupun untuk orang tua/wali yang dikembangkan pada akhir 2008 oleh Nic Borg dan Jeff O’Hara yang merasakan kebutuhan untuk berkembang di lingkungan sekolah/kampus untuk mencerminkan bahwa dunia yang semakin global dan terhubung, maka keduanya menciptakan sebuah alat/aplikasi yang dapat menutup kesenjangan antara bagaimana siswa/mahasiswa menjalani kehidupan mereka dan bagaimana mereka belajar di sekolah/kampus, untuk itulah maka Edmodo ada. Edmodo dibuat sebagai sebuah platform pembelajaran jejaring sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa, dan orang tua/wali.  Edmodo dibuat untuk membuat siswa/mahasiswa bersemangat belajar di lingkungan yang lebih akrab. Di dalam Edmodo, guru/dosen dapat melanjutkan diskusi kelas online, memberikan polloing untuk memeriksa pemahaman siswa/mahasiswa, dan lencana penghargaan kepada siswa/mahasiswa secara individual berdasarkan kinerja atau perilaku.

Edmodo merupakan portal E-Learning yang sangat bermanfaat bagi pihak Dosen (Pengajar), Mahasiswa, Orang Tua. Nic Borg sebagai CEO Edmodo menjelaskan bahwa Edmodo merupakan situs yang digunakan oleh para guru, murid maupun orang tua untuk mempermudah proses pembelajaran secara online.


Apa itu SEAMOLEC?

SEAMEO SEAMOLEC adalah sebuah institusi yang bernaung dibawah Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) atau Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se Asia Tenggara yang bertanggung jawab untuk mengembangkan Pendidikan Terbuka dan Pendidikan Jarak Jauh di Asia Tenggara. SEAMOLEC berpusat di Indonesia dan bekerjsama dengan Departemen Pendidikan Nasional, khususnya institusi yang menyelenggarakan PJJ maupun institusai pendukung program. Alamat lengkap dari SEAMOLEC adalah: Kompleks Universitas Terbuka Jl. Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang 15418 PO BOX 59/CPA Ciputat 15401, Jakarta, Indonesia Tlp. (62-21) 7422184, 7423725, 7424154 Fax. (62-21) 7422276 Informasi lebih detail, silakan membuka http://www.seamolec.org


Berikut adalah Indikator pencapaian yang diharapkan dari pelatihan ini adalah :
  • Mempunyai akun guru di Edmodo
  • Mempunyai kode kelas dalam Edmodo
  • Terdapat bahan ajar yang diunggah ke dalam Edmodo
  • Terdapat latihan yang diunggah kedalam Edmodo
  • Terdapat soal ulangan yang diunggah dalam perpustakaan (library) dalam Edmodo
  • Mempunyai akun siswa dalam Edmodo
  • Mempunyai hasil penilaian tugas/ulangan siswa Edmodo
  • Penerapan Edmodo di kelas khususnya kelas maya (Digital Class).
Demikian Atikel singkat tentang Pelatihan Kelas Maya (Digital Class) berbasis E-Learning Edmodo Batch 7. Semoga Bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita sebagai bahan pendidikan dan tenaga kependidikan yang berkualitas, terimakasih.



March 28, 2017

0 comments:

Post a Comment