MARI MENGENAL PANCASILA BAGI KITA WARGA NEGARA INDONESIA

Visiuniversal----Pancasila adalah dasar Negara Republik Indonesia. Seorang warga negara Indonesia yang bangga dan cinta pada Pancasila tentu memiliki komitmen untuk mendukung dan melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagaimana syair lagu yang kita kumandangkan setiap acara apel resmi di sekolah ataupun di Instansi negara.


Lihatlah syair lagu Garuda Pancasila dibawah ini;


Mari kita renungkan dan bayangkan, bagaimana jika sebuah rumah dibangun di atas pasir, apa jadinya? Bangunan rumah itu akan mudah roboh ketika dihempas angin kencang atau badai yang menerjang. Sebagaimana bangunan rumah, suatu negara akan berdiri kokoh jika dibangun di atas pondasi atau dasar negara yang kuat. Pancasila adalah dasar negara, fondasi bagi berdirinya sebuah bangunan yang bernama Negara Republik Indonesia. Agar Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap berdiri kokoh maka Dasar Negara Pancasila harus kokoh dan kuat. Pancasila kokoh dan kuat jika seluruh warga negara Indonesia melaksanakan nilai-nilai Pancasila, mendukung dan mempertahankannya.

Warga negara Indonesia wajib tahu bagaimana proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara oleh para pendiri negara. Dengan demikian kita sebagai warga negara akan memahami betapa besar jasa dan pengorbanan mereka dalam mewujudkan berdirinya Negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila. Betapa pentingnya Pancasila sebagai dasar Negara.

Keberadaan Pancasila di Indonesia hingga eksistensinya sampai sekarang telah mengalami perjalanan yang sangat panjang, mulai sejak digali hingga proses perumusan, melewati jalan yang panjang dan bersejarah. Rentang waktu perumusan dalam tonggak-tonggak sejarah dari masuknya Jepang ke Indonesia yang kemudian tersedesak oleh sekutu, janji kemerdekaan, pembentukan BPUPKI, dan proses perumusan dasar negara, telah ditorehkan dalam garis perjalanan bangsa Indonesia. 


Baca juga selengkapnya Proses Perumusan Pancasila Di Indonesia di sini !! 



Mei 28, 2017

0 komentar:

Posting Komentar