MENGENAL JENIS-JENIS BAHAN BAKAR PESAWAT TERBANG DI DUNIA

Bakar Pesawat Terbang-Gambar; Wikipedia
Visiuniversal----Dalam dunia penerbangan, teknologi yang disebut sebagai teknologi dirgantara ini, mempunyai kebutuhan bahan bakar bagi operasionalnya. Untuk mereka yang baru mengenal tentang pesawat terbang, pasti bertanya-tanya apa sich bahan bakar pesawat terbang? Ya, moda transportasi yang satu ini memang berbeda dengan moda transportasi umum lain. Bahan bakar merupakan salah satu komponen penting dalam menggerakkan sebuah alat transportasi. Tanpa bahan bakar, pesawat tidak bisa digunakan. Bahkan sudah banyak kasus tentang kecelakaan pesawat akibat kekurangan bahan bakar saat sedang melakukan penerbangan. Ini merupakan bukti bahwa bahan bakar pesawat memegang peran penting dalam sebuah pesawat. Lalu, apa sih bahan bakar pesawat terbang? Kali ini admin visiuniversal akan mencoba mengulas tentang bahan bakar yang digunakan oleh pesawat terbang.


Jenis-jenis Bahan Bakar Pesawat Terbang

Setiap kendaraan atau alat transportasi membutuhkan bahan bakar agar bisa bergerak dan menjalankan fungsinya. Tak terkeculai dengan pesawat terbang. Pada dasarnya, bahan bakar ibarat sebuah makanan untuk manusia. Bahan bakar untuk pesawat terbang tersedia dalam dua jenis, yakni Avtur dan Avgas, dan perkembangan selanjutnya kita mengenal Bahan Bakar Biofuel.  Apa saja perbedaan dan keunggulan dari masing-masing jenis bahan bakar tersebut? Mari kita lihat dalam uraian berikut ini;


Avtur

Beberapa pesawat terbang komersial menggunakan avtur sebagai bahan bakar utama. Avtur merupakan singkatan dari Aviation Turbine Fuel. Dalam dunia penerbangan internasional, bahan bakar ini juga disebut dengan Jet A-1 karena banyak sekali pesawat terbang jenis jet yang menggunakan bahan bakar ini. Bahan dasar untuk membuat Avtur adalah minyak tanah. Jika Anda pernah memasak dengan menggunakan kompor minyak, maka minyak tanah yang digunakan itulah yang menjadi bahan dasar dalam pembuatan bahan bakar pesawat terbang jenis Avtur.

Bahan bakar penerbangan atau avtur adalah bahan bakar jenis khusus berbasis dari minyak bumi digunakan untuk daya pesawat. Pada umumnya kualitasnya lebih tinggi dari bahan bakar yang digunakan dalam aplikasi yang lain, seperti mesin pemanasan atau mesin angkutan jalan, dan sering mengandung aditif untuk mengurangi risiko icing atau ledakan akibat suhu tinggi, antara sifat-sifat lainnya.

Sebagian besar bahan bakar penerbangan yang tersedia untuk pesawat terbang jenis minyak bumi yang digunakan dalam mesin dengan busi (yaitu mesin piston dan rotary Wankel), atau bahan bakar untuk mesin turbin jet, yang juga digunakan dalam mesin pesawat diesel. (sumber: https://id.wikipedia.org/)


Avgas

Jika Anda berpikir bahwa Avgas merupakan bahan bakar dari gas, maka Anda salah! Avgas merupakan singkatan dari Aviation Gasoline, yakni sejenis bensin yang diolah secara khusus guna keperluan penerbangan (aviation). Umumnya, pesawat terbang yang memiliki ruang pembakaran dalam (internal) yang menggunakan bahan bakar jenis Avgas. Itu artinya, hanya pesawat terbang yang menggunakan mesin Piston Engine yang bisa menggunakan bahan bakar jenis ini. Berbeda dengan gasoline (bensin) yang digunakan untuk kendaraan bermotor, bensin yang diolah menjadi Avgas memiliki nilai oktan yang lebih tinggi sehingga membuat mesin lebih bersih. Sifat dari bahan bakar ini mudah terbakar, bahkan di suhu normal. Avgas juga cepat sekali menguap. Maka hanya pesawat yang memiliki ruang pembakaran dalam saja yang dapat menggunakan bahan bakar ini.


Gambar: beritadaerah.co.id



Biofuel

Pesawat dengan Bahan Bakar Biofuel. Pada perkembangan teknologi yang semakin cepat, khususnya dibidang dirgantara, kini beberapa peneliti sedang mengembangkan bahan bakar pesawat terbang biofuel yang dianggap bisa menjadi alternatif terbaik di masa depan. Seperti kita ketahui bahwa persediaan minyak bumi semakin menipis dan membuat biaya produksi menjadi lebih mahal. Dengan menggunakan bahan bakar jenis lain, diharapkan di masa depan semua pesawat menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan dan tidak merusak alam. Seperti apa bahan bakar biofuel terbaru?

Penelitian ini dilakukan oleh ilmuwan Amerika yang berbasis di Washington DC. Biofuel yang digunakan merupakan bahan bakar yang berasal dari limbah kayu. Meski tidak menggunakan bahan bakar biofuel secara menyeluruh, namun perpaduan 20% biofuel limbah kayu dengan Avtur telah berhasil menerbangkan sebuah Jet dari bandara Seattle Tacoma ke bandara Reagan yang terletak di DC. Ini merupakan satu-satunya pesawat di dunia yang berhasil terbang menggunakan bahan bakar biofuel. Meski masih dalam tahap pengembangan, namun para peneliti yakin bahwa suatu saat nanti produk mereka akan mengganti bahan bakar pesawat terbang berbahan dasar minyak bumi. Apalagi, biofuel dianggap lebih murah dan tidak memiliki dampak buruk bagi lingkungan.

Demikianlah sahabat visiuniversal, tentang jenis-jenis bahan bakar pesawat terbang yang ada di dunia ini, semoga bermanfaat. silakan dishare ya, jika ada teman-teman dan sahabat kalian yang membutuhkan bahan belajar tentang bahan bakar pesawat terbang. terimakasih.


Sumber: Dirangkum dari berbagai sumber !!

Referensi:
https://tandapagar.com/bahan-bakar-pesawat/
https://id.wikipedia.org/wiki/Bahan_bakar_penerbangan
www.aripsusanto.com/p/bahan-bakarpesawat-terbang-secara.html



May 28, 2017

1 comments:

  1. CROWNQQ I AGEN BANDARQ I BANDARQ ONLINE I ADUQ ONLINE I DOMINOQQ TERBAIK

    Yuk Buruan ikutan bermain di website crownqq

    Sekarang CROWNQQ Memiliki Game terbaru Dan Ternama loh...

    8 permainan :
    => Poker
    => Bandar Poker
    => Domino99
    => BandarQ
    => AduQ
    => Sakong
    => Capsa Susun
    => Bandar 66 (NEW GAME)

    => Bonus Refferal 20%
    => Bonus Turn Over 0,5%
    => Minimal Depo 20.000
    => Minimal WD 20.000
    => 100% Member Asli
    => Pelayanan DP & WD 24 jam
    => Livechat Kami 24 Jam Online
    => Bisa Dimainkan Di Hp Android
    => Di Layani Dengan 5 Bank Terbaik
    => 1 User ID 8 Permainan Menarik

    Ayo gabung sekarang juga hanya dengan
    mengklick daftar crownqq

    Link Resmi CrownQQ:
    vipcrownqq,com
    vipcrownqq,net
    vipcrownqq,org

    BACA JUGA BLOGSPORT KAMI:
    BLOG ARTIKEL
    CROWNWIN
    CERITA DEWASA

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    WHATSAPP : +855882357563
    LINE : CS CROWNQQ
    TELEGRAM : +855882357563
    INFO CROWNQQ

    ReplyDelete