Home » , , » BIOLOGI : FUNGSI ALAT TUBUH PADA TUMBUHAN PERNAPASAN PADA TUMBUHAN

BIOLOGI : FUNGSI ALAT TUBUH PADA TUMBUHAN PERNAPASAN PADA TUMBUHAN

Pernapasan Pada Tumbuhan

A. Tujuan

Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 1 ini, Anda diharapkan dapat:
  1. Menuliskan kembali proses pernapasan dengan benar
  2. Menjelaskan sistem pernapasan pad tumbuhan tingkat tinggi
  3. Menjelaskan sistem pernapasan pada tumbuhan tingkat rendah
  4. Menunjukan fakta bahwa tumbuhan melakukan aktivitas bernapas
  5. Menyebutkan hasil utama dari proses pernapasan.
B. Pokok Materi
  1. Proses Pernapasan (Respirasi)
  2. Pernapasan pada Tumbuhan Tingkat Tinggi
  3. Pernapasan pada Tumbuhan Tingkat Rendah
C. Uraian Materi

1. Proses Pernapasan (Respirasi)

Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bernapas. Dengan demikian, selama tumbuhan dan hewan hidup, selama itu pula melakukan proses pernapasan. Sehingga tidak heran kalau masyarakat pada umumnya sering menggunakan istilah "telah menghembuskan napas yang terakhir" sebagai kata lain dari wafat atau meninggal dunia.

Dalam biologi, istilah pernapasan atau respirasi mempunyai dua pengertian. Yang pertama, respirasi sel atau proses oksidasi dn yang kedua ialah respirasi eksternal yang lebih  umum dikenal dengan pertukaran gas oksigen (O₂) dan karbondioksida (CO₂) antara organisme dengan lingkungannya.

Dengan menggabungkan kedua pengertian tersebut dapat kita katakan bahwa pernapasan adalah masuknya gas oksigen ke dalam tubuh organisme untuk suatu proses oksidasi atau pembakaran kemudian diikuti oleh gas karbondioksida dah hasil sampingannya berupa uap air.

Hasil utama dari proses pernapasan adalah energi. Energi yang merupakan hasil pembakaran digunakan untuk segala aktivitas hidup organisme. Bahan yang umunya dibakar atau dioksidasi adalah karbohidrat, persamaan kimia dari suatu proses respirasi yaitu C₂H₁₂O₆+6O₂ ➔ 6H₂O + 6CO₂ + Energi. Degan melihat persamaan tersebut, tampak bahwa proses respirasi atau pernapasan merupakan reaksi kebalikan dari proses fotosintesis.

Proses pernapasan ini baik pada hewan maupun pada tumbuhan terjadi sepanjang siang dan malam.

2. Pernapasan pada Tumbuhan Tingkat Tinggi

Pada tumbuhan tingkat tinggi, udara ke luar masuk melalui stomata (mulut daun) pada daun atau lentisel (mulut kulit batang) pada batang. Oksigen masuk ke sel-sel tumbuhan dan karbondioksida ke luar dari sel-sel tumbuhan langsung secara difusi.



Selain pada daun dan batang, akar yang ada di dalam tanah juga melakukan pernapasan. Karena itu umumnya tumbuhan tidak akan hidup dengan baik bila tanahnya pada (sehingga tidak ada udara di antara butir-butir tanahnya) atau tanahnya tergenang air.

Sekarang anda tahu, mengapa para petani selalu menggemburkan tanah pertaniannya. Dalama kehidupan sehari-hari kita temui adanya cacing tanah yang hidup di tanah-tanah tertentu.

Apakah adanya cacing tanah dapat merugikan atau justru dapat menguntungkan para petani? Jelaskan mengapa demikian?

Timbuh-tumbuhan tingkat tinggi, ada pula yang mempunyai alat pernapasan khusus berupa rongga udara di dalam batangnya. Alat khusus ini umumnya dimiliki oleh tumbuhan yang hidup di air seperti padi, kangkung dan eceng gondok.

Beberapa anggrek yang epifit (menempel pada tumbuhan lain) mempunyai akar napas, yaitu akar yang digunakan untuk bernapas. Akar-akar ini bergantungan di udara.

Beberapa jenis pohon lain mempunyai akar khusus untuk bernapas, contohnya pohon beringin (memiliki akar gantung) dan pohon bangkai (memiliki akar tiang).

Tumbuhan yang hidup di dalam air, misalnya Hydrilla, tidak mempunyai mulut daun. Gas-gas yang diperlukan untuk pernapasan masuk ke dalam tubuh melalui seluruh permukaan tubuhnya secara difusi.

Untuk membuktikan adanya pernapasan pada tumbuhan dapat dilakukan percobaan dengan menggunakan air kapur yang ditempatkan pada sebuah botol dan tumbuhan yang dimasukan ke dalam botol air kapur tersebut. Apabila air kapur berubah menjadi keruh berarti ada proses pernapasan. Air kapur akan bereaksi dengan karbondioksida sehingga larutan air kapur tersebut menjadi keruh. Untuk lebih jelasnya lakukan kegiatan berikut ini:

  1. Sediakan dua buah botol, kain kasa-air kapur dan tutup botol. Berilah tanda pada masing-masing botol, misalnya botol A dan B.
  2. Susunlah alat-alat tersebut seperti pada gambar 1.3 pada gambar A, kain kasa berisi tumbuhan (kecambah) sedangkan pada botol B kain kasa tidak berisi tumbuhan.
  3. Letakan kedua botol tersebut pada tempat yang gelap selama ±1 jam
  4. Amati air kapur yang ada pada botol A dan B
  5. Apa yang terjadi pada botol A dan Botol B? Apa kesimpulan Anda dari kegiatan ini. 

3. Pernapasan pada Tuumbuhan Tingkat Rendah

Pada tumbuhan tingkat rendah yang berhijau daun (berklorofil), oksigen diambil dan karbondioksida dikeluarkan melalui selaput sel secara difusi.

Untuk mendapatkan energi, jamur ragi tidak melakukan pernapasan dengan menggunakan oksigen bebas, tetapi menggunakan oksigen terikat pada molekul lain atau unsur lain dengan bantuan enzim (fermen) dalam menguraikan zat terapung menjadi alkohol dan karbondioksida.

      Zat tepung ------------------> alkohol + karbondioksida + Energi

Kemampuan ragi atau bakteri-bakteri lain untuk mengadakan fermentasi ini, tidak saja dimanfaatkan untuk pembuatan tape, tetapi juga untuk pembuatan alkohol, bir, roti dan sebagainya.

D. Kata-kata Penting

Pernapasan Aerob : pernapasan dengan menggunakan oksigen
Pernapasan Anaerob : pernapasan tanpa menggunakan oksigen bebas
Difusi  :  perpindahan zat dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah tanpa melalui membran semipermiabel.
Oksidasi  : proses pembakaran dengan menggunakan gas
Epifit  :  hidup menempel pada tumbuhan lain
Energi  :  tenaga
Fermen  :  enzim
Konsentrasi  :  kepekatan
Lentisel  :  mulut kuning batang
Respirasi  :  pernapasan
Respirasi sel  :  pernapasan
Respirasi eksternal  :  pertukaran gas antara organisme dengan lingkungannya.
Stomata  :  mulut daun
Fotosintesis  :  proses penyusunan makanan dengan bantuan energi cahaya yang dilakukan oleh tumbuh-tumbuhan yang mempunyai zt hijau daun (klorofil).  


E. Rangkuman

Alat pemukul yang terdapat pada tumbuhan bersel banyak dan sebagian besar terjadi melalui pembuluh. Tumbuhan mengeluarkan sisa-sisa pembakaran melalui stomata (mulut daun) dan bagian tertentu.


F. Latihan/ Soal-soal

  1. Uraikan dengan kata-kata sendiri, apa yang dimaksud dengan proses pernapasan.
  2. Berapa jenis tumbuhan tinggi yang memiliki bagian khusus untuk melakukan pernapasan. Sebutkan bagian-bagian khusus tersebut beserta contoh tumbuhannya, masing-masing dua buah
  3. Tuliskan perbedaan peristiwa pengambilan oksigen antara tumbuhan tingkat tinggi dengan tumbuhan tingkat rendah yang berklorofil
  4. Mengapa pohon tomat akan mati jika tanah tempat tumbuhnya tergenang air
  5. Coba anda analisis. Apakah keberadaan cacing tanah pada tanah pertanian merugikan atau menguntungkan bagi petani.

Baca juga Pembahasan  Alat Pengangkutan Tumbuhan !!

0 comments:

Post a Comment