PERMASALAHAN DAN TUJUAN PENDIDIKAN KESETARAAN KEJAR PAKET B SETARA SMP

Visiuniversal---- Pendidikan kesetaraan meliputi program Paket A, Paket B, dan Paket C. Program Paket B adalah program pendidikan menengah pertama melalui jalur Pendidikan nonformal yang mempunyai hak eligibilitas yang setara dengan SMP disebut Paket B.

Kegiatan Ujian Paket B Setara SMP
Program Kejar Paket B merupakan program pendidikan kesetaraan yang dirancang untuk memberikan bekal kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan fungsional, yang dapat dimanfaatkan untuk bekerja dan usaha mandiri serta memiliki kemampuan, pengetahuan, dan sikap yang setara dengan lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP Formal).

Di Indonesia angka putus sekolah pada pendidikan Menengah Pertama (SMP) ini masih sangat banyak. Menurut data Kemendikbud tahun 2017 jumlah siswa putus sekolah jenjang pendidikan SMP sebanyak 85.000 siswa. Jadi masih besar sekali jumlah yang harus ditangani untuk penuntasan program wajib belajar, khususnya melalui bidang pendidikan nonformal ini. Anak-anak yang putus sekolah pada usia SMP ini sebagian besar adalah anak-anak yang bermasalah dilihat dari latar belakang keluarga ataupun lingkungan sosialnya. Faktor ekonomi yang tidak mendukung menjadi penyebab terbesar anak-anak harus diberhentikan dari sekolah mereka.

Oleh karena itu, program Paket B menjadi sangat penting dan mendesak untuk terus ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya. mengingat program paket B ini sebagai alternatif terakhir untuk membantu siswa putus sekolah SMP melanjutkan kesejenjang pendidikan berikutnya. Sebagai alat bantu untuk meraih tangan-tangah peserta didik yang kesulitan secara ekonomi dan sosial Paket B perlu melakukan peningkatan secara signifikan terkait juga dengan standar pendidikan yang harus dilakukan.


Sumber: 




Februari 28, 2018

0 komentar:

Posting Komentar