MENGENAL CAT CPNS DALAM PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL

Cara Tes CPNS, Penerimaan CPNS, Sistem Komputer PNS
Computer Assisted Test (CAT) BKN

Visiuniversal----Ada yang berbeda dalam sistem penerimaan dan tes ujian Calon Pegawai Negeri Sipil di tahun ini. yang berbeda tak hanya tentang persyaratan saat pendaftaran, BKN juga menjelaskan tentang Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAT) BKN.

Dijelaskan admin BKN, para peserta yang akan mengikuti test akan mendapat 100 soal pilihan ganda dalam waktu 90 menit. Peserta akan mendapat 100 soal pilihan ganda dalam waktu 90 menit.

Terdapat 3 jenis tes dalam SKD CAT BKN, yaitu TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) 35 soal, TIU (Tes Intelegensia Umum) 30 soal, dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi) 35 soal.


Apa yang disebut dengan CAT CPNS?

Menurut Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang dimaksud dengan CAT CPNS adalah singkatan dari Computer Assisted Test (CAT) adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Standar kompetensi dasar pelamar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) diperlukan untuk mewujudkan profesionalisme PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan CAT dipercaya bisa menjamin standar kompetensi dasar CPNS dalam TKD (Tes Konpetensi Dasar).

Metode CAT ini digunakan untuk meminimalisir dan mencegah terjadinya praktik-praktik KKN dalam seleksi penerimaan CPNS, sehingga ke depan betul-betul dapat menghasilkan CPNS yang kompeten. Sosok CPNS masa depan yang diharapkan adalah PNS yang profesional, punya daya saing, dan kompeten dalam menjalankan tugas pekerjaannya, artinya PNS yang lebih berkualitas dalam pemberian layanan publik.

Dengan sistem komputer ini, peserta langsung mengerjakan soal ujian dilayar monitor komputer. Pengoprasiannya cukup mudah dan waktu yang tersisa dalam pengerjaannya sudah terpampang jelas dimonitor. Soal dengan bentuk pilihan ganda membuat perserta ters tinggal cukup menggunakan mouse untuk mengklik pilihan yang benar.

Pada dasarnya komputer menyediakan keseluruhan materi soal, setiap peserta test akan mendapatkan soal yang berbeda-beda untuk tingkat kesulitan yang sama karena bank soal akan diacak oleh aplikasi CAT. Penilaian dilakukan secara objektif dan transparan karena yang memeriksa hasil ujian langsung oleh aplikasi CAT. Dalam hal waktu mengerjakan soal, para peserta dapat memantau sisa waktu yang tersedia melalui layar monitor setiap saat selama jalannya tes tersebut bagi peserta penerimaan CPNS.


Kelebihan dan Keunggulan Sistem CAT

Sistem CAT ini jauh berbeda dengan sistem tes sebelumnya yang menggunakan kertas untuk soal dan lembar jawaban (Test CPNS lama). Dengan sistem ini bukan hanya membuat proses seleksi CPNS menjadi lebih praktis dan lebih menghemat anggaran, tetapi juga memiliki tingkat transparansi yang lebih baik, sehingga dapat lebih dipercaya dari sistem sebelumnya.

Bisa dikatakan CAT CPNS adalah sistem rekruitmen dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, dengan cirinya yang berbasis komputer dan sistem online. Banyak sekali keunggulan CAT bila dibandingkan dengan sistem LJK (kertas soal). Dari sisi teknis, para peserta yang mengikuti tes CPNS menerima soal secara online, kemudian langsung menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada. Jawaban yang diberikan tersebut akan langsung masuk server atau database pusat dan dikumpulkan dan diolah disana. Setiap peserta akan langsung mengetahui skor atau nilai hasil ujian setelah selesai mengerjakan soal-soal tes CPNS. Hal ini tentunya akan memberikan hasil tes yang sangat valid dan tidak bisa dimanipulasi baik sebelum maupun sesudah tes dilaksanakan.

Yang juga sangat penting bisa dilihat bahwa sistem CAT tidak bisa direkayasa dan menutup peluang saling menyontek jawaban. Sistem komputer akan langsung memeriksa jawaban tiap peserta. Meski tesnya tidak serentak, setiap soal akan berbeda antarapeserta. Apalagi badan penyelenggara CPNS telah memiliki bank soal yang memuat hingga puluhan ribu soal. dan pada saat penyelenggaraan ini tes pun tampilan dan susunan soal satu komputer dengan komputer lainnya juga berbeda.

Dengan adanya sistem otomatis dalam penilaian, maka rekapitulasi hasil tes bisa diketahui secara instan sesaat seteleh tes. Setiap peserta tes dapat melihat langsung nilai tes (skor) setelah proses semua tes selesai dilaksanakan, apakah sudah memenuhi standar kelulusan (passing grade) yang ditentukan ataukah tidak. Sitem pun akan dengan sangat cepat meranking nilai seluruh peserta tes sehingga ketika keluar ruangan ujian para peserta akan bisa langsung melihat daftar peringkat nilai ujian mereka. Hal ini menimbulkan kepuasan tersendiri, dan penerimaan. Meskipun mereka tidak lulus, namun mereka puas dengan proses yang telah dijalani karena merasa fair dan adil dengan kemampuan yang saat itu mereka miliki.

Demikian pengertian, kelebihan dan keunggulan tentang sistem CAT atau Computer Assisted Test (CAT) dalam Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil.

Baca juga cara Pelaksanaan CAT dalam Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil ---> di sini !!  



Juli 29, 2018

0 komentar:

Posting Komentar