10 TIPS JITU AGAR UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (UNBK) SUKSES 2019

Visiuniversal----Pada pendidikan Nonformal Kesetaraan Kejar Paket C, ujian akhir juga dilakukan dengan sistem UNBK. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian peserta didik dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Berikut ini 10 Tips Mudah dan jitu dalam menghadapi UNBK - Ujian Nasional Berbasis Komputer di tahun 2019 ini;


1. Lakukan Aktivitas seperti Biasa

Selama ujian jangan terlalu tegang dan jangan terlalu takut, lakukanlah hal seperti biasa yang kamu lakukan. Misalnya mandi, sarapan dan aktivitas lainnya karena saat menjawab soal UN 2019 kamu perlu tenaga ekstra. Oleh karna itu, jika memang kamu terbiasa sarapan jangan mencoba untuk tidak sarapan dan sempatkan sarapan karena bahaya jika ketika kamu menjawab soal ujian jadi sakit perut karena tidak sarapan atau pusing karna tidak punya tenaga dari sarapan. Saat ujian sedang berlangsung siswa tidak diijinkan untuk keluar ruangan, jadi yang sebaiknya lakukan sesuatu yang tidak penting tapi mendesak sebelum masuk ruangan, misalnya buang air kecil. Jaga kesehatan juga penting, karena didalam ruangan LAB semua komputer dinyalakan bersamaan, maka AC/Pendingin harus selalu dinyalakan juga, otomatis ruangan akan terasa lebih dingin.


2. Pakai Kaca Mata Anti Radiasi 

Jangan terlalu dekat dan lama di Monitor komputernya, Karena kegiatan berbasis komputer dan soal dilihat di layar monitor komputer, tidak dipungkiri lagi kalau kamu akan lebih sering terkena dampak radiasi komputer dan sinar layar monitor tidak terlalu baik untuk kesehatan mata anda. 


3. Persiapkan Kertas Oret-oret

Kalau kamu biasa menghitung dikertas pertanyaan, nah jangan lakukan ini saat UNBK karena soal ujian ada di layar monitor jadi layar monitornya jangan dicoret-coret hihi. Kalau mau ngitung, hitung lah dikertas buram atau kertas yang disediakan oleh panitia Ujian Nasional.


4. Perhatikan Tata Cara Pengerjaan Soal UNBK

Perhatikan dan baca sungguh-sungguh setiap petunjuk dan manual user dari cara mengerjakan Soal UNBK, perhatikan arahan dan petunjuk dari guru atau operator pendamping saat UNBK terkait cara mengerjakan soal yang baik dan benar.


5. Maksimalkan persiapan dengan simulasi

Latihan simulasi sangat diperlukan, untuk memaksimalkan kemampuan dan meningkatkan persiapan agar kegiatan ujian dapat berjalan lancar dan cepat tanpa adanya kendala, baik secara teknis maupun pengetahuan tentang tata cara menjawab soal ujian UNBK tersebut.


6. Jadikan Kisi-kisi SKL UNBK 2018 panduan belajar

Kisi-kisi SKL UNBK dari tahun-tahun sebelumnya dapat dijadikan panduan belajar, agar materi yang dipelajari lebih mengena dan relevan untuk menghadapi UNBK. Lakukan pembahasan kisi-kisi bersama tutor atau guru pembimbing, terutama untuk memprediksi soal-soal yang akan keluar ketika dilakukan UNBK.


7. Jangan khawatir berlebihan

Tenang, santai tapi serius itu yang dilakukan, agar tidak terlalu khawatir yang berlebihan. Khawatir yang berlebihan justru dapat mengakibatkan permasalahan ketika ujian, karena dapat mengganggu konsentrasi dan fokus anda terhadap soal-soal yang ada.


8. Jangan pernah lengah, selalu teliti setiap saat.

Cek setelah selesai melakukan ujian, jika masih ada waktu tersedia jangan tergesa-gesa untuk meninggalkan tempat ujian. Sekali lagi konsentrasilah, dan fokuslah terhadap pekerjaan anda. Setiap soal yang akan dijawab perlu ketelitian, dengan ketelitian maka setiap kesalahan dapat dikurangi dan hindari.


9. The Power tombol “F5”. 

Di Keyboard Hal yang sering terjadi ketika ujian nasional berbasis komputer ini adalah terjadi “ngelag” atau aplikasi ujian nasionalnya tidak bisa diklik. tapi tenang jangan panik, itu bukanlah masalah yang besar. jadi kamu dapat menekan tombol “F5” yang ada di Keyboard Komputer kamu, maka semua akan berjalan lancar seperti biasa karena fungsi dari tombol "F5" adalah untuk me-refresh komputer kamu, agar lebih lancar dan berfungsi lebih baik.


10. Berdoa 

Inilah yang terpenting dalam segala hal. Sebelum Ujian Nasional Berlangsung Selain mempersiapkan fisik kamu juga perlu untuk melakukan pendekatan yang lebih intens kepada Tuhan Yang Maha Esa. Doa merupakan hal yang mujarab untuk bisa membuat kamu siap dalam menghadapi sesuatu. yakinlah tiada daya dan upaya melainkan hanya pertolongan dari Allah SWT tuhan yang maha segala.

Demikian 10  tips jitu agar ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sukses, dan memberikan hasil yang memuaskan. terimakasih. semoga bermanfaat,

* * *

Sumber : Dirangkum dari berbagai sumber dengan perubahan seperlunya :






Desember 09, 2018

0 komentar:

Posting Komentar