CARA MEMBUAT WAJAH TUA DENGAN MAKE UP UNTUK SENI TEATER DI SEKOLAH

Visiuniversal----Para siswa dan warga-belajar sekalian, dalam pembelajaran kesenian salah satu kegiatan kesenian di sekolah yang sering dilakukan adalah kegiatan pentas seni, yang salah satunya menampilkan seni teater atau drama di atas panggung pentas. Menarik sekali menyaksikan penampilan teman-teman kalian, dengan akting dan make up yang sesuai dengan tokoh karakter yang diperankannya. 

Make up yang biasanya digunakan untuk cantik pada wanita, di dunia akting dan terater dapat digunakan untuk merubah penampilan seseorang. Misalnya untuk mendapatkan tokoh peran orang tua. Nah berikut ini cara make up bagi kalian yang ingin membuat make up wajah tua dalam pentas teater dipanggung atau mau melakukan shooting film.

Pementasan Teater Siswa/ Gambar: bukusekolah.net

Ketika kita perlu merubah penampilan untuk suatu acara atau pementasan dengan karakter tertentu, dibutuhkan make up yang sesuai. Misalnya untuk karakter orang tua lanjut usia. Untuk make up karaketer tua, tua usia berapa yang dibutuhkan. 50 tahun? 60 tahun? atau sudah 90 tahun?

Sebaiknya kita melakukan pengamatan dan survei terlebih dahulu tetnag bagai mana penampilan sesungguhnya dari orang tua tersebut, perhatikan dengan seksama jika anda bertemu dengan lansia, lihat kerutan kerutan/ lipatan kulit pada wajah, leher, tangan, kaki, dan lain-lain.

Berikut ini akan dijabarkan step by step dalam melakukan proses make up tua untuk mendapatkan penampilan yang sesuai dengan karakter orang tua lanjut usia tersebut.

Peralatan yang anda butuhkan adalah :




Dasar ( sebagai dasar kulit wajah agar wajah kering, skets mudah menempel ), anda bisa menggunakan alas bedak, bedak padat, bedak tabur



Pensil digunakan sebagai media untuk menggambar awal kerutan-kerutan dalam proses membuat make up tua. Pensil yang bisa digunakan adalah pensil alis, ataupun pensil mata. Jika tidak ada pensil, anda bisa menggunakan alat bantu yang bermata lancip ( hanya sebagai sketch saja).
Jangan lupa pensil sebaiknya sedang, jangan terlalu runcing karena akan melukai kulit, atau terlalu tumpul ( sketck akan terlihat lebih besar)



Pewarna

Pewarna yang dibutuhan meliputi coklat, putih, bisa juga hitam, krem dan kuning
Pewarna dalam proses makeup tua ini dapat menggunakan pewarna berbahan dasar serbuk ( eyeshadow, blushon, dll) ataupun body painting / cat untuk melukis tubuh


Tiga jenis bahan yang dibutuhkan dapat anda lihat dibawah ini :
 

Bedak sebagai dasar, jangan lupa sesuaikan warna kulitmu dengan bedak. Warna yang dipilih setinggkat lebih muda dari kulit anda.

Proses make up menjadi orang tua adalah


Wajah sebaiknya diberikan bedak terlebih dahulu. Menempelkan bedak sebaiknya diusapkan sambil sedikit menekan agar bedak menempel pada kulit


Lalu Selanjutnya anda dapat melihat kerutan asli dari wajah anda, coba mainkan mimik wajah anda dengan mengerutkan beberapa bagian untuk mendapatkan garis kerutan alami yang nantinya akan dibuat garis kerutan tua.

 

Selanjutnya buatlah garis tua seperti gambar dibawah ini :

garis kerut seluruh wajah

garis kerut Daerah Mata

garis kerut Daerah Pipi

Kemudian tambahkan warna putih di area sesuai garis kerut seperti pada gambar di bawah ini:


 

Kemudian lembutkan garis garis sket anda agar terlihat natural 
 
 
Jangan lupa, area tangan dan kaki yang juga terdapat kesamaan pada garis keriput
 
Demikianlan cara make up dengan membuat wajah tua dengan make up seperti teater dram dan Shooting Film, terimakasih sudah mampir lagi disini...Wassalam



Source/Sumber: 
https://malambegadang.blogspot.com/



February 28, 2020

0 comments:

Post a Comment