PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA : UNIVERSITAS DIPONEGORO (UNDIP)

Visiuniversal-----Buat kalian para siswa dan warga belajar yang sudah melewati tahap akhir perjalanan sekolah lanjutan tingkat atas (SMA) dan ingin melajutkan pendidikan ke perguruan tinggi, atau universitas di Indonesia. Jika kalian mencari-cari alamat lengkap peguruan tinggi atau universitas di Indonesia, untuk melanjutkan kuliah diperguruan tinggi yang kalian inginkan, berikut perguruan tinggi Universitas Diponegoro (UNDIP).

Universitas Diponegoro:/ Foto: quipper.com

Universitas Diponegoro disingkat UNDIP, atau dalam bahasa Jawa: ꦈꦤꦶꦮ꦳ꦼꦂꦱꦶꦠꦱ꧀​ꦢꦶꦥꦺꦴꦤꦼꦒꦺꦴꦫꦺꦴ adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Pergurua tinggi Undip didirikan pada tahun 1956 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dan baru mendapat status sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 1961. Kata Diponegoro diambil dari nama pahlawan nasional, yaitu Pangeran Diponegoro yang merupakan seorang pangeran pengobar semangat kemerdekaan dari tindakan kolonialisme Belanda di awal abad ke-18. Semangat ini turut menginspirasi pendirian Undip. Universitas Diponegoro memperoleh akreditasi A (Sangat Baik) dengan skor 361 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi yang berlaku sejak 2013-2018. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2015, Undip ditetapkan statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. 

Lokasi

Lokasi Universitas Diponegoro tersebar di beberapa lokasi di Kota Semarang dan Jepara dengan tanah seluas 2.009.862 m2 dengan perincian 7 lokasi kampus dan 1 lokasi perumahan dinas:

Alamat Utama: Jalan Prof. Soedarto, SH Tembalang, Semarang Kotak Pos 1269
  1. Kampus Peleburan Semarang (program Pascasarjana)
  2. Kampus Tembalang Semarang (Rektorat, Lembaga Penelitian, Lembaga Pengabdian pada Masyarakat, Lembaga Pengembangan Pendidikan, UPT Perpustakaan, UPT. Kemitraan dan Kewirausahaan, upt. Undip Press serta Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan Fakultas Psikologi program Diploma dan Sarjana telah berada di kampus Tembalang, Fakultas Kedokteran)
  3. Kampus Jl. dr. Sutomo 14, Zona Pendidikan RSUP dr. Kariadi Semarang (Fakultas Kedokteran: Ilmu Gizi dan Pasca Sarjana, Laboratorium Fakultas Kedokteran)
  4. Kampus Jl. Ade Irma Suryani Jepara (Laboratorium Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan)
  5. Kampus Mlonggo Jepara (Fakultas Kedokteran)
  6. Kampus Teluk Awur Jepara (Fakultas Ilmu Kelautan: Laboratorium Kelautan, Ruang Kuliah, Asrama, Perpustakaan, Rumah Dinas, Ruang Fasilitas Selam) Perumahan Dinas Kagok Semarang.


Fasilitas

Universitas Diponegoro memiliki beberapa fasilitas yang sangat mendukung studi bagi anda yang ingin melanjutkan disana seperti antara lain:
  1. Rusunawa Mahasiswa, mempunyai 4 twinblok, yaitu:
  2. Gedung A mempunyai 84 kamar dengan daya tampung 252 orang,
  3. Gedung B mempunyai 96 kamar dengan daya tampung 288 orang,
  4. Gedung C mempunyai 96 kamar dengan daya tampung 288 orang,
  5. Gedung D mempunyai 96 kamar dengan daya tampung 288 orang.
  6. Masjid UNDIP
  7. Perpustakaan Widya Puraya
  8. Stadion UNDIP
  9. Waduk UNDIP
  10. Rumah Sakit Nasional Pendidikan UNDIP
  11. Jogging Track UNDIP
  12. Taman UNDIP Rumah Kita
  13. International Indoor Stadium UNDIP
  14. Auditorium
  15. Radio Pro Alma UNDIP
  16. Gedung Serba Guna
  17. Wi-Fi area 24 jam yang berada di lingkungan kampus UNDIP
  18. Sarana ATM (BTN, BNI, Mandiri, BRI)
  19. Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) UNDIP
  20. Bus UNDIP.

Demikian sekilas tentang Universitas Diponegoro (UNDIP) semoga bermanfaat. untuk kalian yang lagi mencari-cari perguruan tinggi di Indonesia utuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Terimakasih sudah berkunjung di blog ini. Semoga sukses studinya.





June 25, 2020

0 comments:

Post a Comment