PENGERTIAN, FUNGSI DAN MANFAAT, KEGUNAAN GOOGLE DRIVE UNTUK PEMULA

Visiuniversal-----Dewasa ini kebutuhan akan media penyimpanan file Software yang lebih besar sangat dibutuhkan. Saat ini beberapa pendor teknologi digital sudah memberikan ruang (storage) yang besar. Selain storage internal, juga dapat slot untuk storage ekstra melalui kartu SD mikro atau Flashdisk. Tapi biasanya media baik Laptop maupun smartphone yang memberikan storage besar hadir dengan harga di atas rata-rata (mahal).

Terkadang seseorang menginginkan storage yang besar namun kebutuhannya sebenarnya kecil saja sudah cukup. Storage besar memiliki kebutuhan yang berhubungan dengan foto, video atau desain. Bisa jadi berhubungan dengan pekerjaan yang memerlukan storage yang lebih besar.

Karena itu menjawab kebutuhan penggunanya Google menyediakan media penyimpanan data online (daring) yang diberi nama Google drive. Google menyediakan dua versi Google drive yang bisa kita pasang bebas gratisan kapasitas 15 Gigabyte setelah kita memiliki akun Google dan versi update Akun untuk penyimpanan yang lebih besar dan berbayar tentunya.

Google Drive sendiri bisa kita akses atau gunakan, baik dengan media Komputer; Laptop dan netbook. Atau dengan media smartphone android yang user friend.

PENGERTIAN GOOGLE DRIVE

Pengertian dan Cara Membuat Google drive, Google drive adalah media penyimpanan data online (daring) berbasis cloud atau Internet yang dikembangkan dan diperkenalkan oleh Google pada tanggal 24 April 2012. Pada dasarnya layanan Google Drive sama seperti cloud storage lain semacam dropbox atau OneDrive.

Aplikasi ini tersedia dalam bentuk dekstop ataupun smartphone. Pada beberapa jenis ponsel Google Drive atau GDrive menjadi aplikasi bawaan yang terinstal secara otomatis di sistem.

Di google drive kita dapat menyimpan file-file berupa dokumen, gambar, audio ataupun video dengan kapasitas gratis sebesar 15 Gigabyte. Jika ingin lebih dari itu maka kita harus upgrade account dan berbayar tentunya.

Sementara itu, kita dapat menyimpan, mengedit dan mengambil file dari google drive dengan catatan perangkat komputer atau smartphone harus terhubung dengan jaringan internet.


FUNGSI GOOGLE DRIVE

Adapun fungsi-fungsi dari Google Drive adalah sebagai berikut :


Fungsi-fungsi Google Drive

Google drive mempunyai beberapa fungsi utama untuk para penggunanya. Beberapa fungsi tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Untuk Menyimpan File

Fungsi utama Google Drive adalah sebagai media penyimpanan data dengan Google Drive ikan dapat menyimpan data dalam bentuk dokumen gambar atau apapun pada media penyimpanan online tanpa harus menyediakan storage atau media penyimpanan offline seperti ram ataupun hardisk

2. Berbagi File

Dengan menggunakan Google Drive kita dapat berbagi file secara langsung tanpa perlu melakukan konfigurasi konfigurasi yang rumit kita dapat berbagi file secara langsung dengan mengundang pengguna lain melalui Link yang kita berikan atau pun kita undang melalui alamat email

3. Edit File

Kita dapat melakukan editing data langsung tanpa harus mengunduhnya. Google Drive mendukung fitur edit data teks yang terhubung dengan google spreadsheet. aplikasi tersebut berfungsi mirip seperti MS word atau Excel hanya saja berbentuk online tanpa harus melakukan instalasi software.

4. Melakukan BackUp Data

Sebetulnya ini sama seperti poin pertama, Google drive digunakan untuk membackup data , sebagai data cadangan baik itu data yang ada di komputer ataupun perangkat lunak lainnya.

Secara pribadi Admint Visiuniversal juga menggunakan Google Drive sebagai media penyimpanan file-file yang terdapat pada website agar nantinya ketika terjadi sesuatu pada website kita dapat merestar kembali file-file tersebut dengan bantuan software pihak ketiga.


MANFAAT DAN KEGUNAAN GOOGLE DRIVE


1. Data Tersimpan Aman

Menyimpan data di google drive lebih aman dibandingkan kita menyimpan data di komputer ataupun telepon pintar, karena alat semacam itu rawan mengalami kerusakan ataupun hilang karena pencurian.

Walaupun seperti itu, tetap saja kita perlu berhati-hati karena pencurian data pun bisa saja terjadi pada perangkat cloud storage semacam Google Drive ini.


2. Data Dapat Digunakan Kapanpun dan Dimanapun

Kita dapat menggunakan Google Drive dimanapun dan kapanpun sesuai keinginan kita sepanjang device terhubung ke Internet. Ini akan memudahkan kita. Misalnya, ketika akan melakukan presentasi tiba-tiba laptop tertinggal di rumah, sedangkan data kita ada di laptop tersebut.

Apabila kita menyimpan data tersebut di GDrive kita tinggal meminjam laptop kerabat kemudian masuk ke akun Google Drive kita dan datapun bisa langsung kita buka atau unduh untuk kemudian digunakan sebagai materi presentasi. 

3. Sebagai media untuk berbagi dan share Data/Dokumen

Bagi sebagian pengguna google drive, kebutuhan penyimpanan data yang besar diperlukan untuk menempatkan data atau dokumen, baik berupa dokumen, gambar, video dll, yang akan dibagikan kepada orang lain. Ini dibagikan dengan memberikan tautan Link yang mengarahkan pengguna atau user ke google drive dimana dokumen data tadi di simpan dan diupload pemiliknya.


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN GOOGLE DRIVE

Bagi para penggunanya yang sudah merasakan menggunakannya, Google Drive mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dalam website profile aplikasi ini, setidaknya mereka menawarkan 5 kelebihan utama yaitu.

1. Sinkronisasi yang mudah dilakukan

Dengan masuknya Android sebagai salah satu sistem operasi smartphone membuat Google sangat mudah memasarkan beberapa produk andalannya. Salah satunya adalah Google Drive. Sinkronisasi yang mudah membuat pengguna dapat mengakses Google Drive tanpa susah payah. Cukup masuk ke akun Google, maka Anda dapat menikmati fasilitas di dalam Google Drive. Anda juga bisa pelajari cara menggunakan Google Drive di HP dengan mudah.


2. Jumlah Memori Penyimpanan Cukup Besar (15 GB)

Dalam versi free, Google Drive memberikan memori sebesar 15 GB yang dapat kita gunakan untuk menyimpan data-data. Kita hanya perlu melakukan upgrade akun berbayar jika menginginkan memori penyimpanan tambahan yang lebih besar.

Laman Tampilan Google Drive

3. Dapat Menyimpat Berbagai Data (Keep Any File)

Seperti dijabarkan sebelumnya, kita dapat menyimpan data dalam bentuk apapun ke GDrive, entah itu teks dokumen, gambar, audio dan file file lainya.


4. Dapat Berbagi File (Share What you Want)

File-file yang tersimpan dapat kita bagikan pada teman-teman yang kita kehendaki, baik melalui whatsapp, facebook, messenger, easyShare ataupun pesan teks sms.


5. Data Tersimpan Aman (Safe and Secure)

Rasanya kita tidak perlu meragukan developer-developer yang bekerja di Google company. tentu mereka orang-orang terbaik yang memiliki kehandalan dalam hal teknologi dan keamanannya. Walaupun dalam dunia IT ada filosofi “tidak ada data yang aman”.

Untuk kekurangan, penulis rasa kekurangan media penyimpanan ini TERGANTUNG kemampuan dan lebih ke cara penggunaan. Pengguna yang akan mengupload atau mengakses data harus terkoneksi ke jaringan Internet, meskipun sebenarnya Google Drive telah memberikan fiture agar data bisa digunakan ketika offline.

Disamping kelebihan utama tersebut masih ada beberapa kelebihan Gdrive yang lainnya, salah satunya yang paling penting adalah Sistem keamanannya yang cukup tinggi. Untuk sistem keamanan pada Google Drive termasuk cukup tinggi dikelasnya. Contohnya saja pada saat kita berbagai file dari Google Drive ke orang lain, kita dapat menentukan orang-orang yang kita percayai saja yang dapat membuka file yang telah dibagikan. Anda pun dapat menggunakan dua mode saat melakukan berbagai file, yakni “Dapat melihat” dan “Dapat mengedit”. Untuk “Dapat melihat” user penerima hanya dapat melihat file yang kita bagi saja, dan jika ingin mengunduhnya, maka harus meminta izin pada pemilik aslinya. Sedangkan untuk “Dapat melihat”, user penerima dapat mengunduh, melihat, dan mengedit file yang dibagikan user pengirim.


Sementara itu kekurangan Google Drive adalah :


1. Sangat tergantung pada jaringan Internet

Karena semua sistem di Google Drive menggunakan sistem Cloud, otomatis penggunaan jaringan internet sangat dibutuhkan. Jika Anda ingin masuk ke dalam Google Drive, maka pastikan perangkat sudah terkoneksi internet.


2. Backup data di PC masih belum Optimal

Google Drive juga dapat diakses versi offlinenya pada komputer sebagai aplikasi backup data secara otomatis. Sayangnya untuk saat ini baru dapat melalukan backup pada file foto dan video saja. sedangkan untuk backup data seperti dokumen dan file-file sejenisnya belum bisa dilakukan.


Baca juga cara memasang dan menggunakan google drive di sini !!

Demikian tentang pengertian, fungsi dan manfaat serta kegunaan dari Google Drive ini, semoga bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan kita tentang IT dan Internet Online daring. Terimakasih sudah berkunjung kembali di blog Visiuniversal ini. Semoga sukses selalu. 



September 28, 2020

0 comments:

Post a Comment