MEKANISME AKREDITASI PAUD DAN PNF TERBARU 2021

Visiuniversal----Mekanisme kegiatan akreditasi Satuan PAUD dan PNF Tahun 2021, yang dimulai dari permilihan Asesi, Penilaian Prasyarat Akreditasi hingga penilaian Akreditasi.  Memasuki tahun 2020 BAN PAUD dan PNF menerima satu kebijakan penting dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan mengalami satu peristiwa global yang berpengaruh pada kebijakan dan mekanisme akreditasi. Pertama adalah kebijakan moratorium akreditasi, dan yang kedua adalah insiden pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid-19). 

Kebijakan moratorium mengharuskan BAN PAUD dan PNF meninjau kembali seluruh sistem akreditasi, sedangkan Pandemi Covid-19 mengharuskan penyelenggaraan kegiatan BAN PAUD dan PNF dilakukan dengan model online melalui kebijakan bekerja dari rumah (Work from Home/WfH).

Dua peristiwa tersebut menghendaki BAN PAUD dan PNF mengatur kembali hampir semua kebijakan, mekanisme, dan program kerja akreditasi yang akan dijalankan secara virtual. Untuk melaksanakan semua kegiatan itu, maka dibutuhkan persiapan sistem aplikasi yang memadai. Penyusunan Panduan Uji Coba Sistem ini merupakan bagian dari kerangka kerja untuk menjamin sistem akreditasi secara online. Panduan ini diharapkan menjadi rujukan penggunaan aplikasi Sispena 3.0 dalam menunjang pelaksanaan seluruh kegiatan akreditasi BAN PAUD dan PNF pada 2020.

Dalam proses akreditasi terdapat kegiatan pengisian EDS-PA, Klasifikasi Permohonan Akreditasi (KPA), Visitasi, Verifikasi dan Validasi, serta linkage data Dapodik dan EMIS dapat dilakukan dengan baik. Untuk itulah BAN PAUD dan PNF melakukan pernyempuranaan sistem aplikasi. Agar sistem aplikasi yang digunakan secara optimal, maka diperlukan kegiatan Uji Sistem Sispena 3.0 dengan melibatkan para pemangku kepentingan yang terkait dalam pengelolaan data akreditasi.

Berikut Mekanisme akreditasi PAUD dan PNF tahun 2020-2021 ini sebagai berikut:





Sumber: BAN PAUD dan PNF Dikmas Tahun 2020



October 28, 2020

0 comments:

Post a Comment