Visiuniversal---Pada dasarnya sejak awal prinsip orang dewasa dalam belajar diperlukan suatu kemerdekaan, merdeka pendidiknya, merdeka peserta didiknya karena memiliki fleksibilitas waktu dan tempat belajarnya (kapam saja dan dimana saja), dan cara belajarnya dapat memilih sesuai dengan perkembangan teknologi.
Penilaian hasil belajar pada orang dewasa
Untuk melaksanakan penilaian hasil belajar pada orang dewasa harus berhati-hati, yang utama menyangkut aspek psikologi, karena secara psikologi orang dewasa tidak mau digurui dan tidak mau diketahui kelemahan dan kekurangannya oleh orang lain meskipun itu adalah orang yang memfasilitasi belajarnya. Untuk itu dalam menilai hasil belajar orang dewasa yang merdeka, harus menggunakan metode atau cara yang tepat yang sesuai dengan kondisi mereka seperti dengan menggunakan cara melalui penilaian portopolio dan pengamatan panjang mengikuti proses pembelarannya.
0 comments:
Post a Comment