PENGERTIAN DAN HAKIKAT GENERASI MILENIAL

 Pengertian Generasi Millennial


Visiuniversal-Blog. Generasi millennial merupakan bagian dari perkembangan dan perumbuhan yang dipengaruhi oleh keadaan lingkungan sehingga menimbulkan perubahan yang berjalan sangat cepat. 


Pengertian-Definisi Generasi Milenial

     Istilah generasi millennial sendiri ditemukan oleh seorang peneliti ahli demografis bernama Willian Straus dan Neil Howe.Generasi millennial dikenal juga dengan sebutan generasi Y yang lahir antara tahun 1980 hingga 2000. Generasi yang muncul setelah generasi ini adalah generasi Z.

    Pada tahun 2018, sebagian besar pemuda-pemudi adalah mereka yang lahir sebagai generasi milennial. Hal ini dikarenakan generasi ini lahir diantara 2 milennial yang berbeda yaitu sebelum tahun 2000 (pre-milennial) dan setelah tahun 2000 (pasca milennial). Generasi ini merupakan generasi yang dianggap paling berhasil karena mampu beradaptasi pada kedua zaman tersebut. Pada umumnya generasi milennial adalah keturunan dari generasi baby boomers yaitu generasi yang lahir setelah perang dunia 2 yaitu antara tahun 1946-1964. Generasi Baby Boomers identik dengan karakteristik pekerja keras dan perintis sebagai dampak dari kondisi ekonomi pasca perang dunia sehingga para tenaga kerja sangat dibutuhkan untuk mengembalikan kondisi negara seperti semula.

     Setelah generasi baby boomers, terdapat sebuah gerasi lain yang muncul sebelum generasi millennial (generasi Y) yang disebut dengan generasi X. Generasi ini memiliki karakteristik mampu beradaptasi, mampu menerima perubahan dengan baik dan disebut sebagai generasi yang tangguh. Generasi X juga memiliki karakter mandiri dan loyal,sangat mengutamakan citra, ketenaran, dan uang. Mereka merupakan tipe pekerja keras serta menghitung kontribusi yang telah diberikan perusahaan terhadap hasil kerjanya. 

     Generasi millennial lahir dan tumbuh ketika teknologi seperti komputer berevolusi dari yang semula berupa perangkat yang mahal, besar dan sulit digunakan menjadi perangkat rumahan yang murah dan mudah digunakan. Ketika internet mulai dikenal oleh banyak kalangan generasi milennial telah mencapai usia yang cukup dewasa sehingga nilai-nilai hidup yang ditanamkan oleh orangtua dari generasi milennial masih memiliki ciri sosial. Berkerja secara kolaboratif dalam sebuah tim adalah salah satu contoh dari sikap bekerja yang baik pada generasi ini.


Karakteristik Generasi Millennial

Ungkapan generasi millennial atau millennium mulai dipakai pada editorial koran besar Amerika Serikat pada tahun 1993. Generasi ini banyak menggunakan teknologi komunikasi instan seperti email, SMS, instant messaging dan media sosial seperti facebook dan twitter, dengan kata lain generasi Y adalah generasi yang tumbuh pada era internet booming.

Demikian tentang Pengertian dan hakikat Generasi Milenial, semoga bermanfaat.



January 26, 2024

0 comments:

Post a Comment