PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK MEMBANGUN EKOSISTEM SEKOLAH UNGGUL BERMUTU

  

Visiuniversal.blog--Program Sekolah Penggerak Membangun Ekosistem Sekolah Unggul dan bermutu baik.

Program Proyek Sekolah Penggerak


      Secara mendasar Sekolah Penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi dan karakter yang diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

     Program Sekolah Penggerak diharapkan dapat menjadi katalis untuk mendorong transformasi pendidikan di Indonesia, dengan melibatkan seluruh ekosistem pendidikan, baik di tingkat pusat, daerah, maupun masyarakat. Program ini juga diharapkan dapat membantu pemerataan mutu pendidikan di seluruh wilayah Indonesia, baik di sekolah negeri maupun swasta.

     Program Sekolah Penggerak adalah sebuah inisiatif dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui pengembangan sumber daya manusia (SDM) sekolah, mulai dari siswa, guru, hingga kepala sekolah. Program ini bertujuan untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia, yaitu menciptakan Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global.


Program Sekolah Penggerak memiliki lima intervensi utama, yaitu:

1. Pendampingan konsultatif dan asimetris

Pendampingan konsultatif dan asimetris, yaitu pendampingan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi sekolah, serta melibatkan berbagai pihak seperti pemerintah daerah, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, dan sektor swasta.


2. Penguatan SDM sekolah

b. Penguatan SDM sekolah, yaitu pemberian bantuan dan insentif untuk meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan kepala sekolah dan guru, serta memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan potensi dan minat mereka.


3. Pembelajaran dengan paradigma baru

c. Pembelajaran dengan paradigma baru, yaitu pembelajaran yang berorientasi pada siswa, memanfaatkan teknologi, berbasis kompetensi dan karakter, serta sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan siswa.


4. Perencanaan berbasis data

d. Perencanaan berbasis data, yaitu perencanaan program dan anggaran sekolah yang didasarkan pada data dan refleksi diri, serta dilakukan secara kolaboratif dan transparan.


5. Digitalisasi sekolah

Digitalisasi sekolah, yaitu pemanfaatan platform digital untuk mendukung proses pembelajaran, administrasi, komunikasi, dan evaluasi sekolah.


5 Jenis Intervensi dalam Mengakselerasi Sekolah


Berikut ini lima jenis intervensi yang akan didapatkan oleh peserta Sekolah Penggerak.


1. Pendampingan Konsultatif dan Simetris


Ini merupakan program kemitraan antara Kementerian Pendidikan dan Budaya dengan Pemda. Pada jenis intervensi ini, Kemendikbud akan memberikan pendampingan implementasi sekolah penggerak.


Kemendikbud akan memberikan pendampingan kepada Pemda agar dapat memberikan solusi apabila terdapat kendala di lapangan pada saat implementasi program Sekolah Penggerak.


2. Penguatan Sumber Daya Manusia


Penguatan SDM di sekolah yaitu kepada kepala sekolah, pengawas sekolah, pemilik, dan juga guru yang mengajar melalui program pelatihan dan pendampingan dengan pelatih ahli dan Kemendikbud.


Satu fasilitator akan melatih 5 sampai 7 kepala sekolah. Jadi, pelatih akan mendampingkan guru sekolah secara berkelompok.


Pelatihan implementasi pembelajaran dan leadership akan diberikan 1 kali per tahunnya kepada SDM sekolah. Pendampingan akan dilakukan dengan in-house training.

Program Sekolah Penggerak diharapkan dapat menjadi katalis untuk mendorong transformasi pendidikan di Indonesia, dengan melibatkan seluruh ekosistem pendidikan, baik di tingkat pusat, daerah, maupun masyarakat. Program ini juga diharapkan dapat membantu pemerataan mutu pendidikan di seluruh wilayah Indonesia, baik di sekolah negeri maupun swasta.

Hal ini tentunya dalam rangka mencapai Tujuan pendidikan nasionalyang telah dicita-citakan yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman da bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan memiliki budi pekerti yang luhur.

Demikian Artikel singkat tentang Program Sekolah Penggerak Membangun Ekosistem Sekolah Unggul. Semoga bermanfaat.



January 17, 2024

0 comments:

Post a Comment