Konsep 2 : Pembelajaran Sosial Emosional

 

Konsep 2 : Pembelajaran Sosial Emosional (2)

Kerangka Pembelajaran Sosial Emosional 

Salah satu kerangka yang paling banyak digunakan untuk memahami Pembelajaran Sosial Emosional adalah kerangka CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning) yang memperkenalkan Pembelajaran Sosial Emosional lebih dari dua puluh tahun yang lalu. Ada lima area penting yang saling berhubungan, yaitu : 

  1. Kesadaran Diri (Self-Awareness)
    • Pengertian: Kemampuan untuk mengenali dan memahami emosi sendiri, serta bagaimana emosi tersebut mempengaruhi pikiran dan perilaku.
    • Komponen: Termasuk kesadaran diri emosional, pengakuan terhadap kekuatan dan kelemahan pribadi, serta memiliki rasa percaya diri dan pandangan yang realistis tentang diri sendiri.
  2. Pengelolaan Diri (Self-Management)
    • Pengertian: Kemampuan untuk mengatur emosi, pikiran, dan perilaku dalam situasi yang berbeda.
    • Komponen: Mencakup pengendalian diri, pengelolaan stres, motivasi diri, penetapan tujuan, dan keterampilan organisasi.
  3. Kesadaran Sosial (Social Awareness)
    • Pengertian: Kemampuan untuk memahami dan menunjukkan empati terhadap orang lain, termasuk mereka yang berasal dari latar belakang dan budaya yang berbeda.
    • Komponen: Mencakup perspektif sosial, pengakuan terhadap norma-norma sosial, dan mengidentifikasi serta menggunakan sumber daya dukungan yang ada di keluarga, sekolah, dan komunitas.
  4. Keterampilan Berelasi (Relationship Skills)
    • Pengertian: Kemampuan untuk membangun dan memelihara hubungan yang sehat dan saling mendukung.
    • Komponen: Termasuk komunikasi yang jelas, mendengarkan aktif, kerjasama, negosiasi konflik, serta mencari dan menawarkan bantuan ketika dibutuhkan.
  5. Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab (Responsible Decision-Making)
    • Pengertian: Kemampuan untuk membuat pilihan yang konstruktif dan penuh pertimbangan mengenai perilaku pribadi dan interaksi sosial berdasarkan standar etika, keselamatan, dan norma sosial.
    • Komponen: Termasuk mengidentifikasi masalah, menganalisis situasi, mengevaluasi konsekuensi dari berbagai tindakan, dan mempertimbangkan kesejahteraan diri dan orang lain.

Lima hal ini dapat dipelajari baik oleh anak-anak maupun orang dewasa di berbagai konteks budaya. Meskipun demikian, tidak ada satu cara yang sama dan seragam untuk melakukan pembelajaran sosial emosional ini. Kita perlu memperhatikan konteks di setiap tempat, maupun di setiap sekolah.

Pembelajaran sosial emosional menurut CASEL, dilakukan secara kolaboratif melalui kemitraan sekolah, keluarga, dan komunitas untuk menciptakan lingkungan dan pengalaman belajar yang penuh rasa percaya, bermakna dan memberi kesempatan untuk bertumbuh bagi setiap siswa.

 

Sumber : https://casel.org/fundamentals-of-sel/what-is-the-casel-framework/




July 19, 2024

0 comments:

Post a Comment