PENGUATAN TEORI - DISIPLIN POSITIF

 

B. PENGUATAN TEORI - DISIPLIN POSITIF (6)

Implementasi Penguatan Disiplin Positif

Implementasi disiplin positif di sekolah berfokus pada menciptakan lingkungan yang mendukung, inklusif, dan menghormati, yang membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang penting. Berikut adalah langkah-langkah utama dalam mengimplementasikan disiplin positif di sekolah:

1. Membangun  Kesepakatan Bersama

Membangun nilai-nilai kebajikan universal dapat dilakukan dengan mengajak siswa secara kolaboratif menyepakati nilai-nilai universal yang ingin dijadikan dasar berperilaku di kelas. Kesepakatan ini bisa menjadi rujukan bersama bagi siswa dan guru untuk merefleksikan perilaku yang diharapkan maupun perilaku yang tidak diharapkan. 

Guru dapat mengajak siswa berdiskusi bersama untuk membahas bentuk nyata/perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang diyakini.  Kalimat yang digunakan harus jelas, mudah dimengerti, dan difokuskan pada perilaku positif. Misalnya, daripada mengatakan "Jangan berteriak," gunakan "Bicaralah dengan suara tenang."

Contoh Kesepakatan Bersama 

2. Membangun Hubungan yang Kuat

Penerapan disiplin positif membutuhkan modal utama berupa hubungan yang baik antara guru dan siswa. Guru perlu berusaha mengenal setiap siswa, memahami kebutuhan dan minat mereka. Guru yang dapat menunjukkan empati dan memahami perasaan dan pengalaman siswa akan membuat siswa menaruh rasa percaya pada guru. 

Hubungan baik dan saling percaya akan membuat guru dan siswa tidak hanya dapat membuat guru dan siswa dapat bercakap santai di waktu luang, terlebih dapat membuat guru dan siswa berdialog dalam proses belajar maupun dalam peristiwa-peristiwa ketika guru perlu menguatkan perilaku siswa melalui umpan balik maupun restitusi. 




July 19, 2024

0 comments:

Post a Comment