PENGERTIAN DAN KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN

Visiuniversal---Wirausaha adalah seseorang yang bebas dan memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dalam menjalankan kegiatan usahanya. Ia bebas merancang, menciptakan, menentukan, mengelola, dan mengendalikan semua usahanya.  Pada hakekatnya semua orang adalah wirausaha dalam arti mampu berdiri sendiri dalam menjalankan usaha dan pekerjaannya guna mencapai tujuan yang ingin dicapainya. Akan tetapi banyak diantara kita tidak berkarya dan berkarsa untuk mencapai prestasi yang lebih baik untuk masa depannya, sehingga ia menjadi tergantung pada orang lain.

Berikut ini akan kita bahas materi dan soal-soal tentang pengertian dan karakteristik kewirausahaan, dengan harapan peserta didik dapat memahami, menjelaskan pengertian dan karakteristik kewirausahaan tersebut.


1. Pengertian Kewirausahaan

Wirausaha sering juga disebut wiraswasta yang artinya sifat-sifat keberanian keutamaan, keteladanan dan mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri. Meskipun demikian wirausaha dan wiraswasta sebenarnya memiliki arti yang berbeda. Wiraswasta tidak memiliki visi pengembangan usaha sedangkan wirausaha mampu terus berkembang dan mencoba usaha lainnya. Istilah lainnya yang semakna dengan wirausaha adalah wiraswasta. Istilah wiraswasta lebih sering dipakai dan lebih dikenal dari pada wirausaha. Padahal, keduanya bermakna sama dan merupakan padanan dari kata entrpreneur. Kata wiraswasta berasal dari gabungan wira-swa-sta dalam bahasa sansekerta. Wira berarti utama, gagah, luhur, berani, teladan, atau perjuang; swa berarti sendiri atau mandiri;sta berarti berdiri; swasta berarti berdiri diatas kaki sendiri atau dengan kata lain berdiri diatas kemampuan sendiri. 

Sedangkan wirausahawan mengandung arti secara harfiah, wira berarti berani dan usaha berarti daya upaya atau dengan kata lain wirausaha adalah kemampuan atau keberanian yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat dan menilai kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat dan mengambil keuntungan dalam rangka meraih kesuksesan. 

Berdasarkan makna-makna tersebut, kata wiraswasta atau wirausaha berarti pejuang yang gagah, luhur, berani dan pantas menjadi teladan di bidang usaha. Dengan kalimat lain, wirausaha adalah orang-orang yang mempunyai sifat-sifat kewirausahaan atau kewiraswastaan. Ia bersikap berani untuk mengambil resiko. Menurut Dan Steinhoff dan John F. Burgess (1993:35) wirausaha adalah orang yang mengorganisir, mengelola dan berani menanggung resiko untuk menciptakan usaha baru dan peluang berusaha. Secara esensi pengertian entrepreneurship adalah suatu sikap mental, pandangan, wawasan serta pola pikir dan pola tindak seseorang terhadap tugas-tugas yang menjadi tanggunjawabnyas dan selalu berorientasi pada pelanggan. Atau dapat juga diartikan sebagai semua tindakan dari seseorang yang mampu memberi nilai terhadap tugas dan tanggungjawabnya. Adapun kewirausahaan merupakan sikap mental dan sifat jiwa yang selalu aktif dalam berusaha untuk memajukan karya baktinya dalam rangka upaya meningkatkan pendapatan di dalam kegiatan usahanya. 

Selain itu kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Inti dari kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan bebeda (create new different) melalui berpikir kreatif dan bertindak inovatif untuk menciptakan peluang dalam menghadapi tantangan hidup. Pada hakekatnya kewirausahaan adalah sifat, ciri, dan watak seseorang yang memiliki kemampuan dan mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif.  


2. Karakteristik Kewirausahaan

Karakteristik atau ciri-ciri yang harus dikembangkan seseorang memiliki Kewirausahaan terutama dalam usaha keterampilan life skill adalah sebagai berikut :
a. Memiliki Kretivitas tinggi
b. Berani menghadapi risiko
c. Mandiri atau tidak ketergantungan
d. Bertanggujawab.

Dari beberapa karakteristik yang harus dimiliki tersebut dapat dijelaskan lebih lanjut, sebagai berikut :

a. Memiliki Kretivitas tinggi

Ide-ide kreatif sering muncul ketika seorang wirausaha melihat sesuatu yang lama dan berfikir sesuatu yang baru dan berbeda. Oleh karena itu kreativitas adalah menciptakan sesuatu dari yang asalnya tidak ada. Inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka memecahkan persoalan-persoalan dan peluang untuk meningkatkan dan memperkaya kehidupan.

Kreativitas mengandung pengertian, yaitu ;  Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk memberi ide kreativ dalam memecahkan masalah atau sebagai kemampuan untuk melihat hubungan-hubungan yang baru antara unsur-unsur yang sudah ada sebelumnya. Dengan kretivitas terkadang lahir inovasi-inovasi baru dari hasil gagasan dan ide-ide brilian untuk memudahkan usaha-usaha dalam kehidupan.


Baca selengkapnya karakteristik kewirausahaan di sini !!



October 28, 2013

0 comments:

Post a Comment