Home » » INSTAGRAM

INSTAGRAM

Pengertian Instagram menurut Wikipedia adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan Polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peralatan bergerak.

Aplikasi Instagram dimiliki oleh Facebook sejak tanggal 9 April 2012 dan sangat populer di kalangan pengguna handphone yang bersistem operasi Android. Sebelum disediakan untuk Android, Instagram hanya bisa dijalankan di iOS, tetapi Android lah yang sangat mempengaruhi kepopuleran Instagram.

Kembali mengenai arti kata Instagram, apakah Instagram itu? Secara etimologi Instagram berasal dari dua kata yaitu "Insta" dan "Gram". Insta bermula dari kata "instan", dulu foto instan adalah sebutan lain dari kamera polaroid. Layaknya kamera polaroid, Instagram juga bisa menghasilkan foto-foto secara instan. Namun untuk kata "Gram" bermula dari kata "telegram", taukah anda bahwa telegram berfungsi sebagai pengirim informasi yang cepat. Begitu juga Instagram, melalui Instagram kita dapat meng-upload foto dan membagikannya ke masyarakat umum melalui internet yang menyediakan informasi secara cepat.

Cara mendapatkan dan mendaftar instagram

Untuk mendapatkan instagram, pertama download atau unduh aplikasinya kedalam android kamu. Download dan unduh disini!!  

Aplikasi Istagram 4.0



Setelah melakukan proses download atau unduh dan instalasi aplikasi Instagram langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran atau registrasi akun Instagram di handphone yang berbasis Android. Cara bikin account Instagram sangatlah mudah, hanya mengisi beberapa data yang diperlukan untuk mendaftar di aplikasi atau software Instagram, beberapa data yang harus diisi adalah username, password, name dan email. Untuk email, Instagram tidak melakukan aktivasi pendaftar melalui link aktivasi di email.

Rangkuman cara sign up account for Instagram Android

    Buka aplikasi Instagram
    Pilih tombol Register
    Isi data pendaftaran
    Tekan tombol Register
    Lewati pencarian teman Facebook
    Lewati pencarian teman Contacts
    Tekan tombol Done


Detail cara pendaftaran akun Instagram di Android

Buka aplikasi Instagram [Gambar a] atau jika anda sebelumnya telah melakukan download dan instal Instagram, untuk membukanya yaitu dengan menekan tombol Open (gambar bisa dilihat di artikel Cara Instalasi Instagram [Gambar 6]).

Setelah aplikasi Instagram terbuka, di tampilan awal terlihat 2 tombol, tombol Register dan tombol Sign In [Gambar b]. Tekan tombol Register atau jika anda sudah memiliki akun Instagram langsung saja tekan tombol Sign In.

Setelah menekan tombol Register, muncul form pendaftaran (bila anda ingin mendaftar menggunakan informasi akun Facebook, tekan tombol Use Your Facebook Info [Gambar c], semua data akan terisi otomatis seperti data Facebook, tetapi masih bisa diedit). Isilah beberapa data yang diperlukan untuk melakukan registrasi

    Photo Profil (boleh kosong untuk sementara)
    Username (nama akun anda di Instagram, isi dengan angka, huruf dan underscore)
    Password
    Name (nama asli/nama lengkap anda)
    Email
    Phone (tidak harus diisi/boleh kosong)

Jika semua data sudah terisi silahkan menekan tombol Register [Gambar d], akan muncul validasi email, pilih tombol Yes atau Ok. Instagram akan menawarkan pencarian teman di Facebook dan Contact tekan saja tombol Skip [Gambar f] atau Cancel untuk mempercepat registrasi. Pencarian teman bisa dilakukan diluar proses registrasi.



Berikut ini tips bagaimana cara menggunakan Instagram
  1. Mention seperti di twitter yaitu memakai karakter @[nama pengguna lain] tanpa kurung. Bisa dilakukan pada fasilitas komentar atau juga pada image caption.
  2. Pakailah tag atau hashtag yang umum atau populer. Mirip juga dengan hashtag di twitter, ketik karakter. Kunjungi situs Tagstagram untuk mempermudah pengolahan hashtag populer.
  3. Lakukan tap dua kali pada foto untuk Like (ataupun untuk Unlike suatu foto, khusus iPhone).
  4. Percantiklah foto sebelum upload. Bisa menggunakan filter Instagram atau edit dengan aplikasi lainnya, lebih disarankan menggunakan Photoshop biar lebih berkualitas. Kualitas bagus, otomatis banyak yang me-like.
  5. Kurangilah sifat narsis dengan mendominasi Photo Feed. Cukup posting foto-foto berkualitas dan beri caption yang baik. Jangan lakukan flood.
  6. Berilah like dan komentar pada foto pengguna lain dengan baik, termasuk kepada follower kita yang pasti akan setia me-follow dan me-like. Bersosialisasi diperlukan agar aktifitas berInstagram lebih hidup.
  7. Tetaplah memotret dengan memakai kamera ponsel. Kurang fair jika kita menggunakan DSLR karena aplikasi instagram disediakan untuk pengguna ponsel berkamera.
  8. Harap hormati kepemilikan hak cipta orang lain dengan tidak sharing foto milik orang lain ataupun foto kehidupan orang lain. Pihak Instagram pun tidak akan mengklaim atas semua gambar yang kita kirimkan.
  9. Gunakanlah akun Instagram anda walaupun tidak sering, karena akun yang tidak aktif lama akan dihapus.

Demikian tentang Instagram, aplikasi dan cara mendaftarnya melalui android, semoga bermanfaat.


Sumber : http://d-dig.blogspot.com/ dengan sedikit perubahan dan penambahan seperlunya.

1 comments:

Post a Comment