Home » , , » KEGIATAN PEMBELAJARAN FISIKA DARI ANTARIKSA

KEGIATAN PEMBELAJARAN FISIKA DARI ANTARIKSA

Kegiatan Pembelajaran yang biasa kita temukan adalah kegiatan belajar mengajar dengan bertemunya secara langsung guru dan murid di sebuah ruang kelas. Hal ini juga terjadi pada sebuah program pembelajaran fisika di Cina. Namun uniknya, pelajaran ini diberikan lewat siaran langsung dari antariksa. Seorang astronot Cina yang bernama Wang Yaping, memberi pelajaran secara langsung di depan jutaan murid dan guru di Cina.  Wang bersama dua astronot lain berada di stasiun angkasa luar Cina yang bernama Tiangong -1. Mereka ke Tiangong dengan menggunakan roket Shenzhou 10, yang dilucurkan dari bumi, pada tanggal 11 Juni 2013 lalu.

Di stasiun angkasa ini selain mendukung pembangunan stasiun Tiangong -1 dan sejumlah eksperimen lain, misi tiga astronot Cina itu juga memberi pelajaran dari antariksa. Maka karena satu-satunya perempuan di Stasiun antariksa itu, terpilihlah Wang sebagai 'ibu Guru.' Murid dan guru dari sekitar 80 ribu sekolah menengah di penjuru Cina menyaksikan secara langsung pelajaran dari antariksa.


Selama mengajar, ada kegiatan khusus yang dilakukan dengan memberikan contoh dan praktik langsung dari guru di angkasa ini. bu guru Wang menggunakan gasing, bola, air dan seorang rekan astronotnya untuk menjelaskan ilmu fisika dalam gravitasi nol. Pilot angkatan udara Cina berusia 33 tahun itu memberi contoh konsep berat dan massa di angkasa luar. Setelah memberi penjelasan, Wang memberi kesempatan beberapa murid dan guru di bumi untuk bertanya agar mereka lebih memahami lagi apa yang telah dijelaskan oleh Wang.

Jadi kira-kira kapan ya kita murid-murid di Indonesia bisa belajar langsung dari antariksa seperti ini?....Sepertinya masih lama deh..hi hi hi..!!

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel