Home » , » PENGERTIAN STRATIFIKASI SOSIAL

PENGERTIAN STRATIFIKASI SOSIAL

Warga belajar sekalian, berikut ini kita akan mencoba merangkum tentang pengertian 'stratifikasi sosial' dalam bahasan Materi Pelajaran pada Mata Pelajaran Sosiologi. Agar warga belajar memahami bagaimana stratifikasi atau pelapisan sosial dapat terjadi dan dibangun dalam masyarakat sebagai berikut :

Stratifikasi atau pelapisan sosial merupakan terjemahan dari Bahasa Inggris yaitu "social stratification" yang berarti stratifikasi sosial. Kata stratification berasal dari kata stratum yang dijamakan menjadi strata, yang berarti lapisan atau berlapis-lapis. 
Mengacu pada pengertian tersebut, seorang tokoh sosiologi, Pitirim A. Sorokin, menyatakan bahwa sosial stratification adalah pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat (hierarki). Perwujudannya adalah kelas-kelas tinggi dan kelas yang lebih rendah. Dasar dan inti lapisan dalam masyarakat adalah tidak adanya keseimbangan dalam pembagian hak dan kewajiban serta tanggung jawab nilai-nilai sosial dan pengaruhnya di antara anggota-anggota masyarakat.

Perlu warga belajar pahami bahwa lapisan sosial yang ada dalam masyarakat kita mulai ada sejak manusia mengenal kehidupan bersama di dalam suatu organisasi sosial. Misalnya, pada masyarakat tradisional, pelapisan sosial mula-mula didasarkan pada perbedaan seks, perbedaan antara yang dipimpin dan pemimpin, serta keturunan. Bentuk-bentuk lapisan sosial dalam masyarakat berbeda-beda dan banyak sekali. Baik dalam masyarakat kapitalis, demokrasi,  maupun komunis. Makin rumit dan maju teknologi suatu masyarakat, makin kompleks pula sistem pelapisan masyarakatnya.  

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel