Home » » 10 HEWAN LIAR BERBAHAYA PENGHUNI AMAZONE

10 HEWAN LIAR BERBAHAYA PENGHUNI AMAZONE

Warga Belajar--sekalian, kalian pasti kenal dengan sungai Amazon, sungai yang terkenal misterius dengan aneka rahasianya; dalam (bahasa Spanyol: Río Amazonas, bahasa Portugis: Rio Amazonas) adalah sungai di Amerika Selatan yang merupakan sungai terpanjang kedua di dunia – Sungai Nil di Afrika merupakan yang terpanjang. Sungai Amazon memiliki total aliran terbesar dari sungai manapun, membawa lebih dari Sungai Mississippi, Nil, dan Yangtze digabungkan. Amazon juga memiliki sistem peraliran terbesar dari seluruh sistem sungai. Meskipun Nil sungai terpanjang, namun Amazon bisa dianggap "terkuat" (dilihat dari jumlah air yang mengalir per detik). Sungai utamanya (biasanya memiliki lebar satu sampai enam mil) dapat dilalui untuk kapal uap samudra besar sampai Manaus, hampir 800 mil ke hulu sungai dari mulutnya. Kapal laut yang lebih kecil dengan berat 3.000 ton[1] dan 5,5 m (18 kaki) draft 2 dapat mencapai sejauh Iquitos, 3.700 km (2.300 mil) dari laut. Kapal sungai kecil dapat mencapai 780 km (486 mil) lebih jauh sampai Achual Point. Lewat dari sana, hanya perahu kecil yang dapat naik sampai Pongo de Manseriche, di atas Achual Point. Sungai ini mengambil air dari koordinat 5° LU sampai 20° LS. Sumber paling jauh ditemukan di dataran tinggi inter-Andes, jarak yang cukup dekat dengan Samudra Pasifik; dan setelah menempuh jarak 7.200 km (4.800 mil) melalui pedalaman Peru dan melewati Brasil, ia masuk Samudra Atlantik di katulistiwa. (Wikipedia)

Di dalam sungai Amazon terdapat beragam jenis flora dan fauna yang merupakan keragaman sumber hayati khas sungai itu. Dimana didalamnya dihuni berbagai jenis makhluk dan hewan liar yang berburu untuk bertahan hidup. Berikut ini adalah beberapa hewan penghuni sungai Amazon tersebut :

1. Piranha

Ikan ini adalah predator karnivora dengan gigi tajamnya. Ia termasuk ikan air tawar dan disebut sebagai caribes. Selain di sungai Amazon, habitat ikan ini juga bisa ditemukan di Venezuela. Piranha bukanlah ikan berbahaya, karena sering di koleksi dan dibudidayakan di rumah.


2. Amazon Catfish

Ini adalah jenis ikan lele terbesar di dunia dan hidup di perairan Amazon. Bayangkan dari semua ikan yang hidup di sungai Amazon hampir separonya adalah dari jenis ikan lele termasuk catfish jenis ini. Biasanya ikan ini hidup di dasar sungai paling dalam dan hanya muncul mendekati permukaan pada malam hari.


3. Belut Listrik

Belut listrik atau sidat listrik (Electrophorus electrics) yaitu ikan penghasil listrik yang hidup di air tawar. Listrik ini berfungsi untuk panca indera sebagai navigasi dan melindungi diri dari serangan musuh. Listrik yang dihasilnya bisa mencapai 650 volt dan hidup di Sungai Amazon dan sungai Orinoko. Panjangnya mencapai 1 meter dengan berat tubuh 44 pound (20 kg).


4. Candiru

Ini adalah ikan vampire satu spesies dengan ikan lele. Ikan lebih berbahaya dari ikan piranha yang hanya makan daging namun ia menghisap darah lawan. Disebut sebagai ikan parasit karena ia ke insang ikan lain dan meminum darah lawan. Ia akan mengeluarkan tulang belakang untuk berpegangan pada ingsang.


5. Anakonda

Membayangkan ular anaconda pasti Anda ingat kekejaman ular ini di film Hollywood sekuel anakonda. Rupanya anakonda tidak sekejam itu meski termasuk dalam hewar predator. Ikan ini sering ditemukan di sungai Amazon dengan tubuh raksasa dan panjang.


6. Piracucu / Arapaima

Ini adalah ikan tawar yang terbesar dan hidup di wilayah tropis Amerika Selatan. Terbesar karena panjang tubuhnya mencapai 3 meter dengan berat tubuh hingga 200 kilogram. Namun, akhir-akhir jarang sekali ditemukan piracucu yang berukuran hampir meter, biasanya hanya 1-1,8 meter. Mungkin hal ini dipengaruhi manusia yang mulai tertarik menjual ikan ini ke Negara lain sehingga eksistensinya mulai berkurang.


7. Buaya Amazon

Buaya dimana saja yang ada diseluruh belahan bumi ini adalah sejenis binatang yang buas. Buaya di sungai Amazon termasuk yang terbuas di dunia. Jika suatu area di huni oleh sekumpulan buaya ini, maka daerah tersebut akan dikuasainya dan hewan-hewan lain pasti akan pergi dan akan menyingkir dari area tersebut.


8. Ulat Beracun
Termasuk jenis ulat berbulu namun racun yang dikandungnya berbahaya. Orang yang menyentuh ulat ini bisa langsung mati karena tersengat racun. Racun ini menyerang aliran darah dengan menghentikan pembekuan darah (kandungan anticoagulant) sehingga menyebabkan tekanan darah menurun dan mati. Biasa ditemukan di pohon-pohon hutan disekitar sungai Amazon.


9. Tyrannobdella Rex
Lintah jenis ini termasuk dalam kerabat lintah Taiwan yaitu Dinobdella ferox. Memiliki barisan gigi yang teksturnya mirip dengan dinosaurus karnivora (Tyrannosaurus Rez) meski kecil. Lintah ini menghisap darah lawan paling sering melalui hidung, juga melalui lubang tenggorokan, mulut, serta di area genitalia. Karena ukurannya kecil, maka sulit untuk dideteksi, tiba-tiba saja korban yang terkena lintah ini akan mengeluh pusing. Ia akan terlepas dari inangnya jika sudah berukuran 7 cm berbeda dari jenis lintah lain yang akan lepas jika sudah merasa kenyang.


10. Katak Beracun
Bagian beracun pada katak ini adalah lendir di sekujur tubuhnya. Ia bisa mematikan lawan hanya dengan sentuhan. Lompatannya mencapai 2 meter, lebih panjang dari ukuran tubuhnya yang kecil. Banyak masyarakat setempat menggunakan lendir katak ini untuk membunuh lawan atau mangsa dengan anak panah mereka.

Demikianlah tentang 10 sepuluh hewan liar yang terdapat di Alam dan sungai-sungai Amazone, semoga uraian tersebut diatas dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan warga belajar sekalian. terimakasih atas kunjungannya. sampai jumpa, jangan lupa membaca artikel dan tulisan menarik lainnya disini !!

Source : http://malambegadang.blogspot.com
Gambar : Taken Google

0 comments:

Post a Comment