Home » , » MEMPELAJARI TENTANG MATAHARI SEBAGAI PUSAT TATA SURYA

MEMPELAJARI TENTANG MATAHARI SEBAGAI PUSAT TATA SURYA

Panas Matahari, Pusat Tata Surya, Lidah Matahari, Sinar Matahari
Warga--belajar--sekalian kita akan mencoba melihat sebentar keangkasa, melihat dari kejauhan tentang tata surya kita. Tentunya sebagian kita sudah tahu apakah tatasurya itu? dari beberapa sumber dapat kita ketahui bahwa Tata Surya merupakan sistem yang terdiri dari sebuah Matahari dan beberapa benda angkasa yang beredar mengelilinginya. Dengan demikian Matahari merupakan pusat tatasurya kita.

Matahari

Matahari kalo pagi atau sore sering kita sebut mentari, yang berasal dari bahasa Inggrisnya; "Sun", Matahari merupakan objek terbesar di tata surya kita. Ukurannya lebih dari 99,8% dari seluruh massa anggota tata surya. Matahari disebut bintang. Matahari beserta bintang lainnya yang bertaburan diangkasa dan akan terlihat jelas ketika malam tiba tergabung dalam sebuah galaksi yang sangat luas dan besar.

Matahari merupakan pusat tata surya. Gaya gravitasinya mampu menopang sistem tata surya kita. Benda langit seperti matahari merupakan bintang terdekat dengan Bumi dengan jarak kira-kira 149,680,000 kilometer. Matahari mempunyai diameter 1,391,980 kilometer. Matahari mempunyai suku permukaan 5,500 Derajat Celcius dan suhu teras 15 juta Derajat Celcius. Matahari dikelaskan sebagai bintang kerdil jenis G. Cahaya Matahari memakan waktu 8 menit untuk sampai ke Bumi. Cahayanya yang terang dapat mengakibatkan kebutaan terhadap orang yang memandang terus-menerus kepada Matahari.

Untuk terus bersinar, Matahari, yan terdiri daripada gas panas menukar Zat hidrogen dengan zat helium melalui reaksi gabungan nuklear pada kadar 600 juta ton, dengan itu matahari akan kehilangan empat juta ton gas setiap saat. Matahari dipercaya terbentuk pada 5,000 juta tahun lalu. Terdapat julangan gas teramat panas hingga mencapai 100,000 kilometer ke angkasa.

Matahari berputar 25.04 hari Bumi setiap putaran dan mempunyai gravitasi 27.0 kali gravitasi Bumi. Radiasi Matahari dapat menggangu gelombang komunikasi seperti radio, TV dan radar di Bumi dan mampu merusakan satelit atau stasiun angkasa yang tidak dilindungi. Matahari juga menghasilkan gelombang radio, gelombang ultra-violet, sinar infra-merah, sinar-X, dan radiasi yang menyebar ke seluruh tata surya.

Bumi dilindungi daripada angin Matahari yang berbahaya buat kita oleh medan magnet Bumi, sementara lapisan ozon pula melidungi Bumi daripada sinaran gelombang ultra-violet, sinar infra-merah. Terdapat noda hitam yang wujud dari masa ke semasa pada Matahari yang disebabkan oleh perbedaan suhu dipermukaan Matahari. Noda hitam itu menandakan kawasan yang kurang panas berbanding kawasan lain dan mencegah keluasan melebihi ukuran Bumi. Kadang-kala peredaran Bulan mengelilingi Bumi menghalangi sinaran Matahari yang sampai ke Bumi, oleh karena itu hal ini dapat mengakibatkan terjadinya gerhana Matahari.

Berikutnya akan kita bahas satu persatu tentang Anggota-anggota Tata Surya lainnya, mulai dari pusat tata surya yaitu yang sering kita sebut matahari, hingga Planet dan benda seperti meteor dan Asteroid lainnya. disini !!

Sumber : Di sarikan dari berbagai sumber !!
Gambar : Source Taken Google.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel