Home » , , » 10 CARA MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH MANUSIA

10 CARA MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH MANUSIA

Sudah merupakan suatu hal yang wajar jika perubahan musim dengan penurunan suhu udara menandai dimulainya wabah flu, sehingga banyak dari kita yang mencoba mencari cara jalan keluar untuk mengatasi virus flu yang menyebar. Ini bisa dilakukan dengan membantu sistem kekebalan tubuh kita yang merupakan jaringan biologis kompleks yang melindungi diri kita dari penyakit dengan cara menghancurkan patogen yang menyerang tubuh. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh  agar terhindar dari penyakit ;

1. Olah raga teratur dalam jumlah sedang
"Dalam keadaan normal, tubuh kita hanya bergerak sedikit dan natural sehingga kita harus bergerak sedikit dan alami sehingga kita harus menambahnya dengan berolahraga," kata J.E William, OMD, FAAIM, praktisi kedokteran integratif di Sarasota, Florida,  dan penulis Viral Immunity (Hampton Roads Publishing). "Individu yang melakukan aktifitas fisik dalam jumlah sedang - paling tidak selama 30 menit sehari - memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat," kata Brian McFarlin, PhD dari laboratorium Terpadu Fisiologi di Universitas of Houston. Olahraga dalam dalam jumlah yang sedang adalah kuncinya; Mc Farlin mengatakan bahwa olahraga yang berlebihan justru cenderung menekan mundur kekebalan tubuh kita. Selain itu, berhati-hatilah terhadap peralatan kebugaran di tempat gym karena justru dapat menyebabkan berkembangnya virus dalam tubuh. Berjalan dan bersepeda adalah pilihan olahraga yang baik, sama halnya dengan yoga yang dapat dilakukan di rumah.


2. Tidur yang cukup
Kurang tidur dalam jangka waktu pendek bisa membuat anda rentan terhadap virus flu yang menghampiri anda. Jika kita melewatkan tidur satu malam saja - anggap saja sekitar lima jam - maka sel - sel alami anda yang berperan melawan infeksi virus menjadi turun 30%. "Sebuah penelitian dilakukan untuk mempelajari pola tidur 153 pria dan wanita sehat yang telah terkena virus flu. Hasilnya menunjukan bahwa mereka yang tidur untuk jangka waktu yang lebih singkat ternyata lebih rentan terhadap serangan penyakit. Jika kita lebih banyak berolah raga, maka tidur akan lebih baik.

3. Pastikan anda tidak kekurangan cairan
Bagi mereka yang sedang sakit rasanya sulit untuk menghindari nasehat yang satu ini, "Banyak istirahat dan banyak minum." Karena memang jika kita mengalami dehidrasi, tubuh tidak akan berfungsi dengan baik. Air putih dapat membantu tubuh agar tidak dehidrasi karena saat flu banyak cairan yang dikeluarkan oleh tubuh. Air juga dapat mendorong dan membuang racun-racun yang ada dalam tubuh.  

4. Asupan Vitamin D yang memadai
Tuhan sudah menganugrahkan kepada kita salah satu vitamin yang bisa dibentuk oleh tubuh kita sendiri yaitu vitamin D. Selain bisa didapat dari asupan makanan sehari-hari kita, vitamin D juga bisa didapat lewat suplemen (dianjurkan minimal 400 IU - 1000 IU) sehari). Rajin berjemur selama 15 - 30 menit setiap hari pada pagi hari antara jam 6 - jam 9 pagi atau sore hari pada jam 3 - jam 6 untuk mendapatkan hasil yang optimal dan maksimal bagi tubuh dan khususnya tulang kita.
 

5. Cukupkan Probiotik anda
Sistem pencernaan kita menampung sekitar 70% dari sel-sel kekebalan tubuh. jadi adalah wajar jika dikatakan bahwa "jika usus tidak sehat" benar adanya. Salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan pencernaan adlaah melalui probiotik, yaitu mikroba menguntungkan yang biasanya ditemukan di saluran gastroinstestinal sehat. Makan yogurt sebagai pilihan makanan pokok anda, terutama yogurt yang mengandung kultur hidup dengan kadar gula yang relatif rendah.

6. Konsumsi bawang putih
Cara peningkatan sistem kekebalan yang lain adalah bawang putih. "Bawang putih sangat bermanfaat karena memiliki afek toksis langsung terhadap mikroba yang merugikan. Selain dilengkapi dengan berbagai macam vitamin dan nutrisi, bawang putih juga mengandung senyawa sistem dan allicin yang bermanfaat. Meskipun bawang putih mentah paling berkhasiat, bawang putih yang dipanggang sehingga sedikit mengurangi ketajaman rasanya sekaligus melembutkan teksturnya ternyata masih cukup berkhasiat. Bawang putih juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen.


7. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan
Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan sangat penting untuk tubuh. Disamping untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan serat (idealnya 20-30gr/hari) yang akan membantu menyehatkan pencernaan kita, kebutuhan akan cairan pun akan sedikit teratasi karea adanya kandungan air dalam jumlah yang cukup banyak pada buah-buahan dan sayuran tersebut. Kandungan vitamin dan mineral yang lengkak pad buah dan sayuran membantu meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi da menangkal masuknya penyakit ke dalam tubuh. Khususnya buah dan sayuran yang berwarna gelap seperti bayam merah, tomat, wartel, blueberry, brololi, dll yang punya kandungan anti oksidan tinggi.

8. Terapkan pengobatan herbal
Banyak jenis-jenis herbal yang beredar dipasaran yang mengandung zat untuk membantu peningkatan kekebalan tubuh, yang juga merupakan anti infeksi.

9. Cuci tangan sesering mungkin
Hal ini mungkin terdengar sepele, tapi ada beberapa orang yang masih belum dapat menjaga kebersihan mereka dengan baik. pada survei yang dilakukan pada tahun 2009 di Amerika, 55% responden menyatakan bahwa mereka hanya sesekali membilas tangan mereka setelah menggunakan toilet umum dan dalam hal ini tanpa menggunakan sabun. Kenyataannya tangan merupakan bagian yang sangat mudah untuk mengumpulkan mikroba sepanjang hari, jadi selalu cuci tangan dengan sabun setelah mengolah makanan (terutama daging mentah), menyentuh hewan, membersihkan hidung atau mengganti popok. Dan pastikan bahwa anak anda juga mencuci tangan karena mereka dapat dengan mudah terkena kuman di tempat penitipan anak atau sekolahnya.

10. Manfaatkan tanaman berkhasiat
Puluhan sel dan bahan kimia yang berkhasiat membentuk sistem kekebalan tubuh, masing-masing dengan peran khusus guna memerangi infeksi. Untungnya alam telah memasok dan menyediakan sejumlah alat bantu kekebalan tubuh dalam bentuk tanaman berkhasiat. Ada banyak ragam dan jenis tanaman berkhasit ini yang dapat ditemukan di alam kita, mulai dari yang kita jumpai sehari-hari disekitar lingkungan hingga di tempat-tempat yang belum terjamah seperti di hutan tropis dengan tumbuhan langkanya. Salah satu Tanaman ini adalah yang termasuk arabinogalactan (ARA), yaitu serat dari Western larch yang meningkatkan aktivitas sel kekebalan daun zaitun, yang mengandung zat disebut oleuropein, yang memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai macam mikroba penyebab demam, termasuk virus flu serta andrographis, obat herbal india Ayurvedic yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih maupun interferon.

Sumber: http://malambegadang.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar