Home » , , » MENGENAL ISTILAH YOGA DAN METODENYA

MENGENAL ISTILAH YOGA DAN METODENYA

Istilah Yoga yang berasal dari bahasa Sansekerta "Yuj" yang arti dan maknanya adalah menggabungkan atau menyatukan. Yoga adalah suatu teknik untuk menyatukan kesadaran manusia dengan Tuhan. Lebih dalam lagi, yoga adalah sarana untuk menemukan ketenangan batin.

Yoga merupakan suatu teknik yang telah berkembang sejak ribuan tahun, yang awalnya dikenal dengan praktek “Tantra”. Tantra, pertama kali diperkenalkan di India, 7000 tahun yang lalu oleh seorang yogi besar Sadashiva. Yoga didesain sebagai suatu pengetahuan menyeluruh tentang kehidupan, melingkupi setiap aspek pengembangan pribadi dan sosial. Istilah Tantra mengandung makna “sesuatu yang membebaskan dari kekasaran (ketidakpedulian)’, dan oleh karenanya, latihan-latihannya didasarkan pada suatu cara yang sistematis dan ilmiah, untuk membawa setiap individu dari tingkat ketidakpedulian (ignorance) menuju tingkat pencerahan spiritual (spiritual illumination).

Di dunia saat ini pengembangan yoga sudah semakin banyak hingga mencapai lebih dari 285 Jenis. Ada metode yang merupakan gabungan dari beberapa jenis gaya, dan sebagian lagi merupakan ciptaan seorang guru Yoga. Karena itu untuk seorang yang masih pemula tentu bingung untuk menentukan metode yang mana yang cocok untuk dipraktekan bagi dirinya sendiri. Berikut ini beberapa metode yang mungkin salah satunya cocok untuk kita praktikan buat diri kita.

1. Integral Yoga
Integral yoga adalah latihan yang cocok untuk pemula karena bersifat ringan dan cocok untuk dipraktikan semua usia. Keunikan Integral yoga ini adanya kombinasi pembersihan fisik dari dalam ke luar dengan menggabungkan semua elemen diri untuk mencapai puncak kesadaran tertinggi: menyatukan diri dengan Tuhan YME.(Pendiri: Swami Stchidananda. iyiny.org.yogaville.org;iyta.org)


2. Iyengar Yoga
Iyengar Yoga memiliki keunikan, yaitu menitik beratkan pada keselarasan pose-pose dan banyak menggunakan alat bantu. (Pendiri: B.K.S. Iyengar bksinyengar.com; iynaus.org)


3. Bikram Yoga
Bikram Yoga adalah metode yoga yang digunakan untuk mengasah kemampuan tubuh manusia dalam memberi energi pada diri sendiri dan mengobati diri sendiri. (Pendiri: Bikram Choudhury. bikramyoga.com)


4. Ashtanga Yoga
Ashtanga Yoga adalah metode yoga dengan melakukan gaya anda sendiri dan fokus pada pikiran, mendalami postur, berlanjut dengan gerakan yang menantang tanpa cedera, diakhiri dengan meditasi. Ashtanga Yoga akarnya dapat dianggab bersumber dari vinyasa yoga, yang bersifat aerobik. (Pendiri: K. Ptthabi Jois (1915-2009). kpjayi.org;ashtanga.com)


5. Jivamukti Yoga
Perpaduan antara keindahan dan kebijaksanaan kuno, dengan akar asli, serta relevansi modern. Kita mencari benang merah dari dalam sisi spritual dan budaya dunia masa kini. Kita memberdayakan manusia untuk menjadi sesuatu yang mereka harapkan.(Pendiri: Sharon Ganon dan David Life dan David Life (1984). jivamuktiyoga.com)


6. Kundalini Yoga
Tujuan utama dari Kundalini Yoga adalah membangun sepenuhnya potensi kesadaran manusia. Maka anda harus mengenali, menumbuhkan, dan mengembangkan kesadaran anda sampai tanpa batas. (Pendiri: Yogi Bhajan. kriteacihing.org; yogibhajan.com. kundaliniyoga.com)


7. Para Yoga
Kombinasi dari kekuatan dan semangat tantra (pendekatan yoga Kuno dan paling komprehensif) dengan aspek-aspek fisik dan dinamis dari hatha, Para Yoga membawa Anda di semua tingkatan, mencapai energi yoga secara lengkap.(Rod Stryker (1995). parayoga.com)


8. Yoga Fit
Yogafit membuka misteri dengan cara praktis, mudah dimengerti, dan mudah dilakukan oleh siapa saja. (Pendiri: Beth Shaw (1994). yogafit.com)


9. Anusara Yoga
Rayakan kepribadian anda lewat setiap pose di atas yoga mat setiap pengalaman di luat mat. Gabungkan kemurniannya lewat pengalaman hidup.(Pendiri: John Friend (1997) setelah Iyegar Yoga. Anusara.com)


10. Istha Yoga
Fokus istilah adalah menstabilkan fisik dan mental, sesuai dengan kondisi tubuh dan kepribadian masing-masing orang. (Pendiri: Alan Finger dan Ayahnya, Kavi Yogiraj Mani Finger (1950-an). ishtayoga.com)


11. Om Yoga
Om Yoga dilakukan agar anda menjadi diri anda yang terbaik, bukan sekedar menjadi yogi terbaik. Ini tentang bagaimana anda mempraktikannya di dunia dan membuat hubungan positif dengan sesama. (Pendiri: Cyndi Lee (1971). omyoga.com).

Demikian tentang istilah yoga dan beberapa metode yang dapat dipergunakan dalam praktik yoga, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Sumber: dirangkum dari berbagai sumber ;
- Wikipedia.com
- Fit Yoga
- www.femina.co.id/
- dll
Gambar : Google

0 komentar:

Posting Komentar