LAGU SAJOJO LENGKAP DENGAN CHORD, TERJEMAHAN DAN MAKNANYA

Visiuniversal----Lagu dan tarian sajojo sering dijadikan penampilan diberbagai acara, baik acara adat, budaya, maupun sekedar hiburan saja. Bahkan tarian lagu Sajojo ini sering dijadikan bagian dari even-even lomba hingga  tingkat nasional. Sajojo sangat terkenal di Papua, di Nusantara Indonesia bahkan sudah sampai ke mancanegara karena sering dibawakan untuk promosi pariwisata nusantara dan kenegaraan.

Tarian-tradisional-Papua
Tarian Tradisional Papua

“Sajojo” adalah lagu yang menceritan tentang sebuah kisah perempuan cantik dari desa. Perempuan yang dicintai ayah dan ibu berikut para laki-laki desa. Perempuan yang didamba laki- laki untuk bisa berjalan-jalan bersamanya. Meskipun gerakan tari ini tidak terlalu menggambarkan lirik lagu tersebut, namun iramanya yang penuh keceriaan dalam lagu tersebut sangat cocok dengan gerakan Tari Sajojo yaitu dengan meloncat, bergerak ke depan, ke belakang, ke kiri maupun ke kanan dengan ritme dan ketegasan gerak yang tentunya setiap penari mengupayakan kesamaan gerak dengan penari lainnya supaya terlihat kompak.

Kostum untuk kesenian Sajojo biasanya merupakan busana tradisional yang terbuat dari akar atau daun. Namun, seiring dengan adanya perkembangan, ada juga yang mengkreasikan kostum ini dengan kain agar terlihat lebih menarik. Selain itu, penari juga dilengkapi dengan berbagai aksesoris seperti penutup kepala, kalung dan lukisan tubuh bercorak etnis khas Papua. Dalam perkembangannya, Lagu ini merupakan lagu daerah Papua yang juga digunakan untuk mengiringi senam di tanah Papua bahkan di seluruh tanah air Indonesia.

Informasi :

Judul Lagu: Sajojo

Pencipta:

Daerah: Papua

Golongan: Lagu daerah / Lagu wajib daerah.


Berikut inilah lirik lengkap Lagu Sajojo beserta Nada Chordnya:


Lirik Lagu Sajojo


Sajojo

Sajojo, sajojo

Yumanampo misa papa

Samuna muna muna keke

Samuna muna muna keke


Sajojo, sajojo

Yumanampo misa papa

Samuna muna muna keke

Samuna muna muna keke


Kuserai, kusaserai rai rai rai rai

Kuserai, kusaserai rai rai rai rai


Inamgo mikim ye

pia sore, piasa sore ye ye

Inamgo mikim ye

pia sore, piasa sore ye ye.


* * *

TANGGA NADA DAN CHORD

LAGU SAJOJO


Demikianlah tetang lagu dan lirik lagu Sajojo lengkap dengan chord, terjemahan makna arti lagu sajojo tersebut yang admint visiuniversal dapat bagikan, yang dirangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung kembali di blog ini, semoga sukses selalu.



October 28, 2018

0 comments:

Post a Comment