CARA CEK DAN MENDAPATKAN NOMOR INDUK SISWA NASIONAL (NISN)

Visiuniversal----Para siswa, peserta didik dan warga belajar sekalian, disekolah kalian telah diberitahukan bahwa kita memiliki NISN, tentu sudah kalian sudah tahu dan mendapatkannya bukan, nah bagi yang belum berikut ini kalian dapat dilihat cara cek dan mendapatkan nomor induk siswa nasional/ NISN. Apa sih NISN itu ?

NISN adalah kepanjangan dari Nomor Induk Siswa Nasional. NISN berguna sebagai kode pengenal identitas siswa di Indonesia. NISN digunakan untuk membedakan satu siswa dengan siswa yang lain di seluruh sekolah Indonesia dan sekolah Indonesia di Luar Negeri. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan pada setiap siswa yang bersekolah di satuan pendidikan dengan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan terdaftar di referensi Kemendikbud. Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Tujuan dan manfaat NISN

NISN untuk membantu identifikasi siswa (peserta didik) di seluruh sekolah Indonesia secara terstandar, konsisten dan berkesinambungan.

NISN juga bisa dijadikan sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online untuk unit-unit kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntable berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Manfaat NISN juga sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya.

cara mengecek dan mendapatkan NISN siswa/peserta didik

Cek NISN Siswa secara Online

Untuk mengecek data NISN, siswa bisa mengakses laman resmi https://nisn.data.kemdikbud.go.id/. Yuk simak cara mendapatkan NISN siswa secara online:

1. Akses laman resmi NISN Kemendikbud pada layar komputer atau HP

cara mengecek dan mendapatkan NISN siswa/peserta didik

2. Masukkan nama lengkap siswa

3. Masukkan data tempat dan tanggal lahir

4. Ketik nama ibu kandung siswa

5. Centang bagian Captcha

6. Klik "Cari Data"

7. Jika data sudah benar, maka data NISN akan keluar.


Demikianlah cara mengecek dan mendapatkan NISN siswa/peserta didik secara online dengan mudah. Selamat mencoba, semoga sukses.



July 28, 2020

0 comments:

Post a Comment