Home » , , , » PENGERTIAN VARIABEL BEBAS, RESPON DAN KONTROL DALAM PENELITIAN

PENGERTIAN VARIABEL BEBAS, RESPON DAN KONTROL DALAM PENELITIAN

Pembelajaran_Paket C, Warga Belajar, Penelitian_Paket C
Penelitian_Paket C_Setara_SMA

Visiuniversal---Warga Belajar dan siswa sekalian, dalam materi pelajaran tentang penelitian sosial ini, kita menemukan salah satu pembahasan tentang Variabel. Begitu juga pada suatu laporan hasil percobaan, kita tentunya mengenal Variabel. Di SMA dan Kejar Paket C ada beberapa Variabel yang tentunya akan digunakan dalam laporan penelitian Ilmiah yang harus kita buat suatu saat nanti. dan masalah Variabel merupakan bagian terpenting pada laporan ilmiah tersebut.
Untuk memahami tentang variabel ini memang sedikit sulit sebab memiliki beragam jenis dan pengertian yang berlainan dari para ahli, karenanya kita akan coba ringkas dan bahas tentang 3 (tiga) variabel penting yang sering ditemukan dalam penelitian Ilmiah SMA saja.


Variabel yang harus kita pelajari ada 3, yaitu Variabel Bebas, Variabel Respon, dan Variabel Kontrol. Banyak memang pengertian mengenai variabel tersebut akan tetapi tidak jarang karena sulitnya pembahasan teoritsnya menyebabkan tidak semua orang dapat memahaminya dengan mudah. Kenyataannya memang sulit dalam mendefinisikan variabel-variabel tersebut. Karena itu dalam postingan kali ini akan kita coba untuk memahaminya dengan pengertian yang sesederhana mungkin sehingga para siswa dan warga belajar memahaminya dengan cepat dan benar.

Pengertian "Variabel" merupakan istilah yang tidak akan pernah lepas dalam setiap jenis kegiatan penelitian, F.N Kerlinger menjelaskan bahwa variabel adalah sama halnya dengan sebuah konsep seperti halnya laki-laki dalam konsep jenis kelamin, Jauh dalam konsep jarak, dan insaf dalam konsep kesadaran.  dan variabel ini adalah merupakan sebuah gejala yang bervariasi misalnya jenis kelamin, karena jenis kelamin mempunyai variasi: Laki-laki--Perempuan; Berat badan, karena ada berat 40 kg, 50 kg, dan sebagainya, gejala sendiri adalah objek penelitian sehingga variabel adalah objek penelitian yang bervariasi (Suharsimi Arikunto, 2002).

Pengertian Variabel Bebas
Variabel Bebas Adalah Variabel yang mendefinisikan tentang semua perlakuan kamu terhadap percobaan tersebut yang dapat memicu suatu perubahan/hal lain atau bisa juga diartikan sebagai variabel yang mengakibatkan perubahan bagi variabel terikat/respon. Misalnya "...melakukan perendaman terhadap benda A akan memicu perubahan warna pada benda A.", maka Variabel Bebasnya adalah Melakukan perendaman terhadap benda A.

Pengertian Variabel Respon
Variabel Respon Adalah Variabel yang mendefinisikan tentang semua hal yang terjadi apabila kamu melakukan tindakan terhadap percobaan tersebut (bukan Goal-nya) atau singkatnya akibat dari Variabel Bebas. Misalnya "...melakukan perendaman terhadap benda A akan memicu perubahan warna pada benda A.", maka Variabel Responnya adalah Perubahan warna pada benda A.

Pengertian Variabel Kontrol
Variabel Kontrol Adalah variable yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga pengaruh variable bebas terhadap variable terikat tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti.

Demikianlah warga belajar dan siswa sekalian ringkasan sederhana tentang 3 variabel; Variabel Bebas, Variabel Respon, dan Variabel Kontrol. Semoga uraian sederhana itu dapat membantu kita memahami lebih jauh tentang apa itu variabel dalam sebuah penelitian dan penulisan laporan ilmiah. terimakasih. sukses selalu untuk kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar